Panduan Cara Membuka Usaha Fotocopy Lengkap

Usaha fotocopy merupakan usaha kelas menengah yang menjanjikan asalkan anda jeli dan pintar melihat peluang dan tempat strategis untuk usaha fotocopy anda, apalagi kalau dilengkapi dengan menjual ATK, jasa laminating, pengetikan dan sebagainya, lengkap sudah…

Bisnis fotocopy ini juga tidak ada habisnya pemirsa. Dimana- mana dibutuhkan jasa fotocopy untuk menyelesaikan tugas, memperbanyak file dan keperluan penting lainnya.  Dalam hal ini yang penting anda pintar melihat celah peluang untuk membuka usaha ini.

Baca juga: Peluang usaha modal kecil dengan prospek menjanjikan!!

 

Taksiran Rincian Biaya Memulai Usaha Fotocopy

Usaha fotocopy..

Dalam memulai usaha yang satu ini, anda akan memerlukan modal dan biaya. Selain itu, usaha jangka panjang ini membutuhkan strategi- strategi khusus agar usaha ini tetap berjalan lancar. Berikut taksiran rincian biayanya:

Rincian Perkiraan Biaya
Sewa tempat Rp. 5.000.000,-
Mesin fotocopy Canon Rp. 30.000.000,-
Mesin Laminating GBC Fusion [5000l A3] Rp. 3.000.000
Pemotong Kertas Rp  2.000.000
Etalase Rp. 1.000.000
Alat Tulis Kantor Rp. 5.000.000
Total Rp. 46.000.000

46 juta, kira- kira segitu pemirsa…. Kalau anda ingin mencapai titik aman, silahkan keluarkan modal sebanyak 50 juta rupiah.

 

Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Perhitungan Biaya Perhari :

  • Harga kertas SIDU 1 rim  Maks Rp. 40.000 dengan jumlah kertas 500 lembar
  • Harga tinta/toner fotocopy 1 kg 120.000,
  • Listrik mesin fotocopy 1.300 watt. Rincian listrik 1 jam Rp.1.300,-  Waktu oprasi fotocopy mulai dari pukul 08.00 s/d 22.00 = 13 jam x 1.300 = 16.500,-/hari ( jumlah maksimal).

Jadi…

  • Kertas 1 hari 3 RIM x 40.000 = Rp. 120.000,-
  • Listrik 1 hari 13 Jam x 1300 = Rp. 16.500,-
  • Tinta/toner 1 hari  3 x 1 RIM (500 lembar) = 1500 lembar x Rp,1,-  = Rp  1.500,-

Belum termasuk kerusakan yah…

Total= Rp. 138.000.000

 

Pendapatan Perhari

3 RIM x 500 = 1500 lembar x Rp.250,- = Rp.375.000,-

Keuntungan 375. 000 – 138.000 = Rp.237.000

waw,… itu keuntungan perhari yang bisa anda dapatkan. Jangan berpatokan pada angka tersebut, harga dapat berubah kapan saja.

Tips Usaha Fotocopy

1. Lokasi yang strategis

Cerdaslah memilih tempat strategis untuk usaha anda.
Lokasi yang tepat menjadi kunci keberhasilan suatu usaha apapun, termasuk usaha fotocopy. Maka dari itu, usahakan memilih atau memulai usaha fotocopy di tempat yang benar-benar strategis.
Selain itu anda juga harus pintar melihat peluang. Misalnya dalam suatu tempat yang terdiri dari banyak gedung institut, sekolah, universitas, perkantoran dan gedung formal lainnya, dan belum terdapat tempat fotocopy, maka ini adalah suatu peluang besar buat anda.Sebaliknya, kalau sudah ada, maka anda harus menganalisis pesaing anda, mengenal kompetitor anda dan mengenal lebih detail usahanya. Setelah itu, kalau ada peluang, maka silahkan bangun usaha fotocopy dan bersiaplah dengan kompetitor.

2. Kualitas hasil fotocopy

inilah yang akan menjadi penilaian utama pelanggang nantinya. Kualitas akan menjadi harga mati. Olehnya itu, upayakan kualitas hasil fotocopy anda tetap terjaga.

Caranya yakni dengan membeli mesin fotocopy yang berkualitas dengan harga terjangkau, katanya:

[bctt tweet=”Mau yang berkualitas, yah mahal..” username=”Wahyu”]

Kira- kira begitu pemirsa….

3. Pelayanan yang baik

Layani pelanggang anda dengan baik.

Saat ada pelanggang, usahakan anda memasang raut muka yang baik, jangan cemberut!! Jangan sampai pelanggang anda menjadi tersinggung karena raut wajah anda.

Meski demikian, jangan sampai diperbudak oleh pelanggang. Anda juga harus menjaga krdibilitas anda.

Kualitas + senyum = Pelanggan tetap

Lihat rumus di atas? Itulah the power of smile, senyum dan ramah pada konsumen merupakan modal gratis dan mudah, tetapi dapat memberikan dampak yang luar biasa. Konsumen akan merasa nyaman ke tempat fotocopy anda. Mereka akan menjadi pelanggan tetap.

Baca juga: Cara bisnis Rasulullah saw. yang terbukti sukses

4. Harga fotocopy

Harga murah dan kualitas bagus, semua pasti suka. Begitu pula dengan pelanggang anda, akan merasa nyaman dengan harga lembaran fotocopy anda yang terbilang murah.

Hal ini juga akan menjadi sebab ramainya tempat fotocopy anda. Tapi kualitasnya jangan sampai dilupakan!!

5. Jual ATK dan jasa lain sekaligus

Usaha fotocopy juga bisa di barengi dengan usaha lainnya yang masih sejalan seperti jual ATK, kertas, jasa pengetikan, jilid buku, cetak foto dan lain-lain. Dengan penambahan fasilitas seperti itu, usaha fotocopy anda akan semakin ramai. Lengkapi saja secara perlahan agar tidak membebani anda.

6. Kembangkan usaha anda

Terus kembangkan usaha anda.

Meskipun usaha fotocopy anda berjalan selancar dan selicin minyak zaitun, anda harus tetap mengembangkannya agar semakin renyah dan gurih. Anda harus kerja keras dan maksimal untuk mewujudkannya.

Seperti yang saya katakan tadi, usaha fotocopy akan sangat cocok bila dibarengi dengan usaha lain yang serupa. Dalam hal ini anda mengembangkannya dengan menambah usaha- usaha lain, yang tadinya fokus kepada satu mesin fotocopy, bisa anda kembangkan dengan menambah jumlah unit mesin, komputer, printer, laminating, ATK dan peralatan lainnya yang mendukung.

Yang kian lama, usaha anda akan semakin maju dan laris manis. Belum lagi bila anda dapat mengolah serta mencari sisi celah yang tepat, dengan harga yang lebih bersahabat akan memudahkan anda dalam menarik konsumen.

7. Layanan Spesial

Buat invasi layanan spesial pada usaha fotocopy anda, seperti harga diskon ketika ada orang yang mengorder banyak. Semakin kreatif anda berfikir, maka akan semakin besar keuntungan yang dapat anda dapatkan.

Selain itu, anda dapat menambahkan layanan antar-jemput untuk usaha fotocopy dalam skala besar. Hal ini sangat membantu dalam memajukan usaha anda.

8. Menjual alat tulis kantor dan print murah

Usaha fotocopy terasa tak lengkap kalau tanpa menjual alat tulis kantor. Saya rasa sudah menjelaskannya tadi di atas.

9. Jaringan itu penting

Bangun hubungan sosial anda dengan orang banyak. Berniatlah untuk membantu, bukn semata untuk berbisnis. Dengan demikian, akan timbul 2 hal penting, yakni hubungan dan keuntungan.

Carilah orang yang bisa anda ajak bermitra atau bekerja sama. Kerja sama akan mempermudah anda dalam mengembangkan bisnis anda dan memperbanyak jaringan anda. Buatlah kerja sama seperti membangun tempat foto copy baru di tempat strategis lainnya dan sewalah orang.

10. ACTIONNYA KAPAN???

Apapun yang anda pelajari, apapun yang anda ketahui, tidak akan ada apa- apanya jikalau tidak diamalkan alias dipraktekkan. Seperti yang telah anda baca, dalam memulia bisnis usaha fotocopy, ada beberapa elemen yang harus anda perhatikan dan persiapkan. Mulai dari rincian biayanya, perlengkapannya, tempatnya dan sebagainya…

Dari sebuah niat dalam usaha, pasti terdapat keinginan serta harapan lebih dari sang pemilik untuk lebih dan lebih mengembangkan peluang usahanya menjadi luar biasa.

Anda bisa membangun sebuah perusahan yang bergerak pada bidang fotocopy dan membangun berbagai cabang. Nah, itu kalau anda ingin ke skala yang lebih besar lagi.

Baiklah, segera realisasikan dan mencoba apa yang telah anda baca. Karena mimpi akan menjadi angan belaka jika dibiarkan begitu saja. Mimpi menjadi seseorang yang besar harus anda tempuh mulai dari sekarang.

Selamat mencoba, kesuksesan anda akan tercapai bila anda ingin berusaha dan bekerja keras. Terima kasih dan salam sukses, semoga bermanfaat yah!!!!

1 thought on “Panduan Cara Membuka Usaha Fotocopy Lengkap”

Leave a Reply