Berikut 10 Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi, Wah!!!

Bagi setiap orang pasti menginginkan sebuah pekerjaan dengan gaji yang tinggi, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Jenis profesi yang di pegang oleh seseorang biasanya menentukan besar kecilnya gaji juga tingkat pengalaman yang dimiliki seseorang mempengaruhi hal demikian. Secara umum di Indonesia terdapat beberapa jenis profesi yang memiliki rata – rata gaji tertinggi. Berikut beberapa profesi dengan gaji tertinggi.

1. Ahli Teknik Perminyakan

Ahli teknik perminyakan.

Gaji para staf pada perusahan minyak memang sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia, dengan memiliki gaji rata – rata yang cukup tinggi, termasuk di Indonesia. Sehingga wajar jika semakin banyak masyarakat Indonesia menginginkan dan mengharapkan dapat bekerja di salah satu perusahaan minyak yang ada. Salah satu perusahaan yang sudah tidak asing seperti PT. Pertamina yang tercatat sebagai perusahaan minyak nasional, dapat mengeluarkan gaji untuk para fresh graduate sekitar Rp. 8 juta sampai Rp. 15 juta setiap bulannya. Dan sudah bisa dibayangkan bagaimana dengan para pekerja yang bekerja di perusahaan minyak Internasional seperti, Chevro.

Pada perusahaan ini perbandingan untuk gaji para fresh graduate bisa mencapai Rp. 15  juta. Sementara para pekerja di perusahaan Total Oil Indonesia, fresh graduate dapat memperoleh gajinya sekitar Rp. 12 juta per bulan. Sedangkan untuk level menengah dan senior, dalam sebulan dapat menghasilkan Rp. 70 juta hingga Rp. 100 juta setiap bulannya. Jika kita bandingkan dengan gaji para karyawan di Indonesia dengan negara lain, seperti Malaysia misalnya, Indonesia adalah termasuk yang paling kecil. Negara Malaysia dapat menggaji para ahli minyak mereka dengan gaji hingga mencapai Rp. 500 juta untuk setiap bulannya.

Baca juga: Peluang usaha modal kecil dengan prospek menjanjikan

 

2. Ahli Pertambangan

Ahli pertambangan.

Para ahli pertambangan hampir sama dengan para ahli perminyakan. Profesi dengan ahli ini juga dapat memperoleh gaji yang cukup menggiurkan bagi para pegawainya. Dengan resiko yang cukup tinggi dan sulitnya saat bekerja membuat para ahli ini patut digaji tinggi. Fresh graduated nya saja pada industri ini gajinya dapat mencapai Rp. 6 juta sampai Rp. 8 juta per bulannya. Sedangkan untuk level menengah dan para senior nya, gajinya dapat mencapai Rp. 30 juta bahkan lebih setiap bulannya. Tentu merupakan hal yang wajar bagi mereka karena untuk menjadi seseorang yang ahli dalam bidang pertambangan yang mahir di bidangnya sangat dibutuhkan pendidikan dan pengalaman yang bagus dengan rentang waktu yang cukup lama.

 

3. Ahli Kontruksi

Bagi para ahli kontruksi juga tidak kalah menjanjikan dengan gajinya yang cukup tinggi. Bidang infrastruktur ini semakin berkembang pesat. Hal ini pun membuktikan bahwa industri ini sangat menjanjikan bagi para lulusannya. Industri ini termasuk lahan basah yang sangat cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, bagi seorang project manager nya saja bisa memperoleh gaji minimal sebesar Rp. 30 juta hingga Rp. 70 juta pada setiap bulannya. Hal ini sebanding dengan tugasnya yang mengemban tugas yang berat, sebab bagi seorang project manager harus memiliki kemampuan untuk membuat tim proyeknya agar tetap solid, selain itu ia juga harus mampu untuk memonitori dan mengontrol budget pada setiap proyeknya.

Pada provinsi DKI Jakarta saja – dikutip dari – surat edaran Menteri Pekerjaan Umum Indonesia pada bulan Maret tahun 2003 lalu, bagi seorang ahli kontruksi dengan lulusan pendidikan S1 (fresh graduated) yang biasanya belum ada pengalaman pun dapat memperoleh gajinya sebesar Rp. 20 juta per bulannya, sedangkan bagi para ahli kontruksinya yang memiliki latar belakang pendidikan S3 – yang memiliki pengalaman — lebih dari 10 tahun bisa mencapai lebih dari Rp. 60 juta setiap bulannya.

 

4. Pilot Pesawat Komersial

Memang tidaklah mudah menjadi seorang pilot. Dengan biaya yang tidaklah sedikit untuk mencapai pendidikan pada sekolah penerbangan serta tuntutan jam terbang yang cukup tinggi inilah salah satu yang membuat seorang pilot pesawat komersial memperoleh gaji yang cukup tinggi. Beberapa lembaga survey melakukan penelitian untuk gaji pokok pilot pada tahun 2017. Maskapai Air Asia mengeluarkan gaji untuk pilotnya rata – rata sebesar Rp. 47,5 juta untuk tiap bulannya.

Sementara maskapai plat merah seperti Garuda Indonesia membayar jasa pilotnya dengan rata – rata gaji sekitar Rp. 36 juta per bulannya, sedangkan Lion Airliness digaji sebesar Rp. 10 juta. Adapun perusahaan yang melayani carteran pesawat dan helicopter seperti Pelita Air Service, menggaji pilotnya sebesar Rp. 25,5 juta.

 

5. Ahli Teknik Informatika

Kecanggihan teknologi dan dunia digital kini semakin berkembang di dunia pada zaman ini, termasuk salah satunya negara Indonesia. Sehingga menjadi hal yang wajar jika semakin banyak dibutuhkan pula sumber daya manusia dan tenaga ahli di bidangnya yang tentunya mempunyai potensi besar dalam bidang ini. Bagi seorang country manager pada bidang industri teknik informatika ini dalam sebulan dapat mengantongi sekitar Rp. 125 jura sampai Rp. 250 juta.

Sementara itu untuk seseorang yang menduduki posisi software developer atau sotfware engineer dalam sebulan gajinya dapat mencapai Rp. 15 juta sampai Rp. 35 juta per bulannya itupun dengan pengalaman kerja minimal lebih dari 2 tahun. Adapun bagi para pemula saja biasanya dapat mengantongi gaji minimal Rp. 5 juta sampai Rp. 7 juta dengan disesuaikan tingkat kemampuan serta keahlian yang dimiliki.

 

6. Dokter Spesialis

Dokter spesialis.

Seorang dokter spesialis di Indonesia memang tidak memiliki standar gaji yang sama. Apalagi jika kita melihatnya dengan melihat perbandingan antara dokter sesialis yang di tugaskan untuk praktek di rumah sakit pemerintah dengan dokter spesialis yang mendapat tugas di rumah sakit swasta. Seorang dokter spesialis yang bekerja di rumah sakit pemerintah rata – rata dapat mengantongi gaji sebesar Rp. 10 juta per bulannya dan itu pun sudah termasuk gaji pokok, intensif dan jasa kunjungan pasien.

Adapun bagi dokter umum perbulannya hanya mendapatkan penghasilan sekitar Rp. 4,8 juta. Sedangkan dokter spesialis yang bertugas di rumah sakit swasta gajinya bisa sampai mencapai Rp. 50 juta hingga lebih tiap bulannya.

 

7. Chief Executive Officer

Chief Executive Officer atau yang sering disebut CEO, pada sebuah perusahaan ini adalah jabatan tertinggi dalam strukt pejabat korporat (eksekutif). Selain tiu umumnya jabatan ini pada umumnya ditunjuk oleh para dewan direksi pada sebuah perusahaan. Seorang CEO di Indonesia rata – rata memiliki gaji sebesar Rp. 1 Milyar per tahunnya. Dan CEO dengan gaji sebesar itu ternyata termasuk yang paling kecil jika dibandingkan dengan seorang CEO dari perusahaan – perusahaan asing lainnya.

 

8. Direktur Keuangan

Bekerja pada salah satu perusahaan industri keuangan juga salah satu pekerjaan yang dapat menghasilkan pendapatan yang cukup fantastis. Jika dilihat memang benar saja, sebab penghasilan dan resiko tugas yang diemban memanglah sangat sepadan. Pada posisi ini dibutuhkan seorang individu yang memiliki sifat jujur, tekun dan selain itu juga memiliki ketelitian. Untuk itu, seorang direktur keuangan di Indonesia dapat memperoleh gaji sekitar Rp. 300 juta setiap bulannya. Adapun bagi seseorang yang menduduki posisi general manager dapat memperoleh setidaknya sekitar Rp. 60 juta sampai Rp. 80 juta per bulan.

 

9. Human Resources Manager

Seorang Manajer HRD (Human Resources Department) pada tahun 2017 dapat memperoleh penghasilan di atas Rp. 30 juta setiap bulannya. Jika dilihat berdasarkan data yang diperoleh oleh job-like, pada beberapa perusahaan dapat menggaji HRD Manager nya dengan jumlah yang cukup menggiurkan. Sebagai contoh, gaji HRD Manager di Kalbe Farma dapat mencapai Rp. 32,5 juta per bulan. Adapun pada PT. Indofood gaji HRD manager nya dapat mencapai Rp. 55 juta setiap bulannya. Namun, jika kita lihat lebih spesifik lagi, angka tersebut memanglah sebanding dengan apa yang mereka kerjakan. Sebagai seseorang yang bertugas mengemban amanah untuk mengepalai sebuah departemen dengan salah satu tugasnya untuk merekrut dan memberdayakan sumber daya manusia yang terbaik demi kelangsungan terbaik perusahaan yang mengamanahinya.

 

10. Manajer Pemasaran

Merupakan sebuah provesi yang cukup vital dalam mengemban jabatan yang satu ini, yakni menjadi seorang manajer pemasaran. Ini disebabkan karena bagi seorang manajer pemasaran, ia harus bertanggung jawab penuh terhadap pengelolaan sistem pemasaran perusahaannya yang meliputi strategi pemasaran dan analisis pasar. Berdasarkan hal tersebut, beberapa lembaga survei dari Kelly Services, seorang menejer pemasaran rata – rata dapat mengantongi gaji sebesar Rp. 60 juta pada setiap bulannya.

Demikianlah pekerjaan – pekerjaan yang dapat memperoleh gaji yang cukup tinggi, yang tentunya mempunyai resiko yang tinggi pula. Bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan yang cukup besar, anda dapat mencoba pekerjaan – pekerjaan tersebut yang sesuai dengan bakat yang anda miliki. Semoga menginspirasi!!!

Leave a Reply