Inilah Cara Mendapatkan Busi Motor Berkualitas Prima

busi

Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak peminatnya di indonesia. Sepeda motor memiliki banyak sekali komponen yang harus saling tersambung agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu komponen penting yang ada dalam sepeda motor adalah busi motor. Komponen kecil ini memiliki peran yang sangat penting agar sepeda motor anda dapat melaju. Busi diibaratkan sebagai ” jendela ” dalam mesin (satu-satunya “saksi mata” di ruang bakar ) , dan dapat digunakan sebagai alat diagnosa yang dapat diandalkan. Seperti termometer untuk pasien , busi memperlihatkan gejala dan kondisi kinerja mesin. Mekanik yang berpengalaman dapat menganalisa gejala-gejala tersebut untuk melacak akar penyebab masalah mesin, menentukan rasio udara / bahan bakar , dan untuk meningkatkan performa mesin Busi memiliki dua fungsi utama yaitu untuk membakar campuran udara / bahan bakar dan melepas panas dari ruang pembakaran. Busi mengalirkan energi listrik yang mengubah bahan bakar menjadi energi penggerak mesin. Diperlukan tegangan listrik yang cukup dari sistem pengapian untuk menjadikan percikan api pada celah elektroda busi . Ini disebut ” Kinerja listrik”. Mengingat pentingnya peran busi motor ini, sebaiknya anda menyimak sedikit ulasan berikut mengenai bagaimana memilih busi yang baik.

Ini tips membeli busi motor yang bagus

Agar sepeda motor anda bekerja dengan baik dan prima, anda perlu memperhatikan kualitas dari busi motor anda. Jangan sampai saat anda berkendara dengan sepeda motor kesayangan anda kemudian sepeda tersebut mogok di tengah jalan gara-gara busi motor yang tidak bagus. Oleh karena itu terdapat beberapa tips untuk memilih busi motor untuk anda. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih busi untuk Pastikan ukuran busi terutama diameter ulir, panjang ulir dan jangkauan insulator sesuai dengan spesifikasi mesin. Karena jika tidak sesuai maka kemungkinan busi akan longgar, overheat, terkena endapan karbon sehingga pengapian tidak sempurna dan bahkan bisa merusak piston motor anda. Hal kedua adalah angka panas busi. Pastikan angka panas busi yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan anda, karena apabila angka panas busi yang dipakai terlalu besar atau busi terlalu dingin, maka akan mengakibatkan pengendapan karbon pada busi anda (carbon fouling). Dan apabila angka yang dipakai terlalu kecil atau busi terlalu panas, maka busi akan mengalami overheat dan mengakibatkan misfire (gagal pengapian). Hal inilah yang menyebabkan motor berhenti bergerak atau mogok. Hal terakhir adalah keaslian dari busi. Busi asli akan memberikan anda jaminan kinerja yang bagus. Apabila anda membeli busi yang palsu, anda akan mengalami kesulitan di kemudian hari karena kinerja dari busi ini akan kurang bagus. Siap-siaplah anda untuk sering mogok.

Busi motor bagus mudah didapat

Sekecil apapun komponen dalam sepeda motor tidak boleh di remehkan. Apalagi komponen tersebut adalah busi motor. Karena pada busi motor inilah pengapian dari sepeda motor bermula. Jadi pastikan anda membeli busi motor yang benar-benar terjamin kualitasnya. Apabia anda memakai sepeda motor yamaha, anda tidak perlu khawatir mengenai perkara busi motor ini. karena anda dapat mendapatkan busi motor yang bagus kualitasnya dengan mudah hanya di laman resmi yamaha motor. Dengan seperti ini, anda akan dengan mudah mendapat busi motor berkualitas. Anda tidak perlu takut busi yang anda beli memiliki kualitas yang buruk. jadi tunggu apalagi, belilah busi motor yang berkualitas untuk sepeda motor kesayangan anda.

Leave a Reply