Indonesia Development Bank dan Beberapa Hal Penting di Dalamnya

Indonesia Development Bank

Blogcarauntuk.org – Apakah yang dimaksud dengan Indonesia development bank? Istilah bahasa Inggris ini mengacu pada bank di Indonesia yang menyediakan layanan untuk membantu perkembangan di sektor tertentu. Nama atau sebutan tersebut kini merupakan transformasi dari PT Sarana Multi Infrastruktur atau SMI. Lembaga yang membantu pembiayaan pembangunan di Indonesia ini bekerjasama dengan pemerintah setiap tahunnya untuk mengucurkan sejumlah dana yang akan berguna dalam pembangunan dan pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Lembaga yang ditransformasikan sebagai Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI) ini mendukung berbagai sektor pembangunan infrastruktur publik maupun sosial. Beberapa contohnya seperti jalan tol dan jembatan, telekomunikasi, efisiensi energi, minyak dan gas, serta banyak sektor lainnya. Dalam mendukung perkembangan infrastruktur di berbagai sektor tersebut, Indonesia development bank ini menyusun 3 fase perkembangan.

Fase yang pertama dari 3 fase yang ada adalah upaya pembangunan pondasi korporasi yang kuat. tahap keduanya adalah pengembangan bisnis ke berbagai jenis pelayanan untuk semakin memajukan sektor infrastruktur. Tahap yang terakhir adalah menjadikan PT SMI atau LPPI sebagai perusahaan yang mampu memecahkan masalah pembangunan infrastruktur di Indonesia. Upaya untuk mewujudkan ketiga fase tersebut dilakukan secara bertahap dari tahun ke tahun. Dengan kata lain, ada upaya jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan ini.

Dalam kerjanya, lembaga penyedia pembiayaan infrastruktur ini memiliki dua peran utama, yaitu sponsor proyek dan investor. Sebagai sponsor proyek, pihak profesional pada lembaga ini melakukan beberapa pekerjaan seperti mengidentifikasi proyek, mempersiapkan proyek, mengidentifikasi dukungan pemerintah, mengkoordinasi pihak yang terlibat, memasarkan proyek, memberikan sosialisasi proyek, hingga membuat skema keuangan proyek.

Demikian pula dengan peran kedua dari lembaga penyedia layanan dan pembiayaan infrastruktur ini. Sebagai investor, perusahaan ini memiliki 5 pekerjaan penting yang harus dilakukan. Kelima pekerjaan tersebut adalah sosialisasi proyek, pemasaran proyek, analisa kemungkinan, pembuatan skema keuangan, dan eksekusi.

Demikian beberapa hal penting yang bisa Anda ketahui terkait PT SMI atau juga disebut dengan LPPI atau Indonesia development bank. Beberapa hal yang disampaikan di atas hanya sebagian kecil saja dari perusahaan ini. Karena itu, ada baiknya untuk membaca lebih banyak informasi terkait perusahaan ini dari sumber yang tepercaya.

Leave a Reply