5 Cara Cepat Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Anda

Kalau anda penasaran dengan statistik blog anda, seperti jumlah visitronya, pageviews, bounce rate, sumber pengunjung dan sebagainya, maka sajian kali ini akan menjadi sajian yang tepat buat anda. Statistik blog memang sangat penting untuk anda analisis bisa lebih maksimal dan mengembangkan blog akan lebih mudah. Coba saja anda tidak tahu jumlah pengunjung anda dan sebagainya, anda tidak bedanya dengan orang buta yang tak tahu siapa pembacanya. Olehnya itu, sajian kali ini saya akan menjelaskan sedikit cara mengetahui jumlah pengunjung blog dengan cepat dan tepat.

Saat ini penggemar dunia blogger semakin banyak. Tahu tidak? Kalau sekarang orang di dunia ingin mencari informasi di internet, mereka akan langsung menuliskan kata kuncinya pada search engine. Yang muncul? Jutaan blog yang siap untuk dibaca. Olehnya itu, penting buat anda seorang blogger untuk mengetahui jumlah visitor.

 

Tapi, Jangan Sampai Terlena dan Keenakan Pada Visitor Blog

Ini yang harus anda waspadahi, anda tidak boleh terlena pada stat blog anda sampai- sampai anda melupakan tujuan utama anda. Ingat, statistik hanyalah untuk analisa, bukan untuk dinikmati kenaikannya atau perbuahannya. Jadi, cukup analisis saja yah!!!

Kalau anda ingin membuka bisnis online lewat blog, silahkan baca panduan ini:

Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk hal ini, masing- masing punya kekurangan dan kelebihan. Salah satu cara cepatnya adalah memasang widget jumlah visitor di blog anda. Widget tersebut akan terlihat oleh semua pengunjung anda dalam hal ini anda mempublikasikan statistik blog anda. Cara pasangnya mudah kok dan gratis lgi. Cukup dengan mengkopy kode HTML pada widget. Tetapi sebelumnya, anda harus mendaftar di Hitstat dulu. Nah, kalau anda tidak ingin mempublikasikan statistik blog anda, silahkan baca lebih lanjut artikel ini.

Mengenai hitstat tadi, anda bisa mencari di google dengan keyword “cara mengetahui visitor blog di hitstat”.

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengetahui jumlah visitor anda:

 

1. Dengan menggunakan Google Analytic

Google Analystic adalah cara umum dan paling utama untuk mengetahui statistik blog anda, salah satunya visitor. Anda disarankan untuk memanfaatkan Google Analystic untuk mengetahui statistik harian, mingguan dan bulanan anda. Selain itu, masih banyak kelebihan dan fitur yang disediakan oleh Google Analystic.

Terkhusus platform blogger memang sudah disediakan fitur statistik yang akurat. Itu karena blogger memang terhubung langsung dengan Google.Ini tampilannya:

Hasil gambar untuk tampilan google analytics
Tampilan Google Analystic untuk mengetahui visitor.

Silahkan daftar langsung di sini..

 

2. Webmaster tools

Google Webmaster tool atau yang kerap disebut Google Console adalah salah satu tools yang memiliki banyak sekali fungsi. Mulai dari mendeteksi link blog yang rusak, mengindeks situs agar muncul ada mesin pencarian, dan salah satunya adalah untuk statistik lah.

Anda tinggal mendaftarkan blog anda pada situs Google Webmaster tool tersebut dan dan verifikasi kodenya pada blog anda. Nah, kalau anda ingin mengetahui jumlah pengunjung harian dan tayangan blog anda, anda tinggal membuka dasbor situs alat Google webmaster. Tampilannya kurang lebih seperti ini:

Tips Cara Mudah Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog
Tampilan Google Webmaster Tool.

Daftar langsung di sini…

 

3. Menggunakan Amung.us

Kalau yang satu ini, anda tinggal masuk ke Whos.Amung.Us dan ikuti petunjuk selanjutnya hingga prosesnya selesai. Kalau anda pusing, anda bisa mencari panduannya di Google dengan kata kunci “cara mengetahui visitor blog dengan amung.us”. Simple kan? Gak usah ribet pemirsa…

Mudah kok pemirsa, ikuti saja terus…

Hasil gambar untuk who.amungus
Amung.us.

Silahkan daftar langsung di sini…

 

4. Menggunakan Hitstat.com

Nah, yang satu ini termasuk cara sejuta umat untuk mengetahui stat blog mereka. Selain tampilannya yang beragam, fiturnya juga lumayan loh pemirsa, sehingga memiliki ciri khas tersendiri di antara tools lainnya.

Hitstat.com lebih lengkap daripada amung.us. Saya sendiri memasang hitstat pada blog niche game saya pemirsa. Pokoknya, kalau anda tidak mau ribet dan ingin yang menarik, pilih hitstat saja.

Hasil gambar untuk histat
Statistik yang ditampilkan hitstat.

Kalau anda memasang pada widget blog anda, tampilannya bisa begini:

Hasil gambar untuk histat
Tampilan hitstat pada widget blog anda.

Silahkan daftar sendiri di sini…

 

5. Menggunakan Statcounter

Kalau ini saya baru dapat pas buat nih artikel. Tapi dicoba tak mengapa yah, bisa jadi lebih mantap dan joss… Silahkan klik di sini untuk daftar..

Khusus pengguna WordPress.org, anda bisa langsung menggunakan plugin statistik untuk mengetahui jumlah visitor anda.

Nah, sampai di sini yah pemirsa tercinta sajian kali ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. masih banyak cara lain, tapi jangan dibuat pusing, inilah cara umum dan mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui jumlah visitor blog. Sampai di sini, terima kasih dan salam sukses buat anda…

3 thoughts on “5 Cara Cepat Mengetahui Jumlah Pengunjung Blog Anda”

    1. wah,, adan bisa atur di htstat kok,, statistiknya ada 2 pilihan, bisa dilihat oleh smua orang, bsa cman agan yg lihat…

Leave a Reply