Tips Bisnis: 11 Cara Sukses Membangun Bisnis Kuliner Secara Online

Guru saya pernah bilang:

“Salah satu bisnis yang tidak akan ditelan oleh waktu katanya “bisnis kuliner”….

Iya, katanya sih…

Berbeda dengan bisnis lainnya, seperti jualan pakaian, aksesoris, perlengkapan dan sebagainya, bisnis kuliner ini justru semakin lama, semakin dicari. Buktinya, ada beberapa jenis binis makanan/ kuliner yang mash bertahan sampai sekarang. Bahkan menjadi semakin populer seiring berkembangnya zaman.

Contohnya? Banyak. Mulai dari martabak , terang bulan, ayam goreng dan bakar, sate dan masih banyak lagi…

Tak bisa dipungkiri, usaha lewat online memang sedang panas- panasnya. Tidak mengenal usia, tempat dan keadaan, usaha online siap dilakukan kapan saja. Teman saya sendiri sedang menggeluti usaha jual sepatu lewat sosial media. Katanya, selain mudah, usaha/ bisnis online juga memberikan penghasilan yang tidak sedikit. Nah, tunggu apa lagi? Ayo ! Bangun bisnis onlinemu!!

Memulai bisnis kuliner dapat dilakukan secara online. Kelebihannya, bisnis kuliner online dapat menjangkau kostumer di segala penjuru dunia. Berbeda dengan offline yang hanya bisa menjangkau pelanggan di daerah sekitar.

Baiklah, saatnya masuk ke pembahasan. Ketika anda memutuskan untuk membangun bisnis kuliner lewat online, ada beberapa langkah yang harus anda tempuh.

 

1. Pilih jenis makanan

Langkah yang harus anda lakukan saat pertama kali memulai bisnis kuliner adalah menentukan jenis makanan yang akan anda jual. Saran saya, sebaiknya anda memilih makanan yang tidak mudah basi.

Kenapa? Nah, anda tentu tidak tahu pasti kapan makanan tersebut akan sampai ke tangan pembeli. Jangan sampai makanan yang anda jual sampai ke tangan pembeli dalam keadaan basi. Wah, ini bisa merusak reputasi dan integritas brand anda.

Makanya, pilihlah kuliner yang bisa bertahan lama, usahakan jangan yang berkuah dan berair. Ingat! Ini khusus untuk usaha kuliner online.

Misalnya: terang bulan, martabak, dan kue/ makanan kering dan masih banyak lagi…

Kalau anda pusing, silahkan baca artikel ini…

 

2. Nama brand produk kuliner

Buat brand yang menarik dan menggambarkan kuliner anda.
Buat brand yang menarik dan menggambarkan kuliner anda.

Setelah menentukan jenis makanan/ kuliner yang akan anda jual, selanjutnya adalah menentukan nama brand anda, istilahnya merek. Anda harus membuat merek yang semenarik mungkin dan menggambarkan ciri khas kuliner yang anda jual. Jangan lupa untuk membuat diferensiasi/ perbedaan pada kuliner anda. Ini bertujuan untuk membentuk ciri khas pada kuliner anda di mata konsumen.

Jangan lupa logonya! Logo juga sangat penting dalam hal membangun identitas brand anda. Kalau anda kerepotan membuat logo, anda bisa meminta tolong kepada saya.

 

3. Namanya juga online, jadi harus ada website

Yang paling penting, anda harus punya website untuk berjualan. Kalau tidak ada yah bukan online namanya. Tapi  mereka yang baru mulai biasanya menggunakan sosial media sebagai tempat jualan. Tidak masalah, tapi saya sarankan untuk membangun website sebagai tempat jualan anda. Dengan demikian, konsumen akan semakin mudah dalam membeli kuliner yang anda jual.

Nah, anda bisa mendesain website anda sesukanya. Memilih nama domain yang tepat, menggunakan tampilan yang sederhana, dan sistem pembayaran yang mudah akan sangat berpengaruh perkembangan pada usaha anda.

 

4. Kesan pertama itu yang menentukan

Berikan kesan menarik untuk pertama kalinya. Ini akan sangat mempengaruhi pandangan konsumen terhadap kuliner yang anda jual. Kalau kesan pertamanya baik, nah ini  pertanda baik buat anda. Tapi kalau sebaliknya? Yah, mau tidak mau anda harus berusaha merubah pandangan calon konsumen terhadap makanan anda.

Perlu anda ketahui, merubah pandangan seseorang terhadap sesuatu bukanlah hal mudah dan butuh waktu yang cukup lama. Itulah mengapa kesan pertama sangat menetukan langkah pertama usaha kuliner online anda.

Jadi, yang paling penting adalah bagaimana makanan yang anda tawarkan bisa tampak menarik secara visual. Memang, menarik secara visual tidak menjamin kelezatan kuliner anda. Setidaknya, tampilan yang menarik akan menciptakan rasa penasaran pada benak konsumen dan menggugah selera makan.

Olehnya itu, pasang gambar atau foto kuliner yang semanarik mungkin pada website jualan anda.

 

5. Menu andalan anda?

Dari sekian banyak menu kuliner yang anda jual di website anda, tentu ada beberapa yang menjadi menu andalan. Nah, ini harus anda tunjukkan kepada calon konsumen anda agar mereka tertarik untuk mencobanya. Caranya?

Buat review mengenai menu andalan tersebut, tambahkan testimonial dari beberapa konsumen yang menyukainya. Tentunya, menu andalan adalah menu yang memiliki jumlah peminat paling banyak.

Intinya, tunjukkan produk bestseller dan paling baru anda dengan cara mencolok.

 

6. Beri deskripsi makanan yang anda jual

Calon konsumen anda tentu tidak bisa mencicipi makanan anda secara langsung. Jelas, itu karena anda menjualnya secara online. Di sinilah fungsi deskripsi makanan.

Ciptakan imajinasi calon konsumen anda dengan memberikan deskripsi produk anda. Misalnya, anda bisa menjelaskan bagaimana rasanya,  kelebihannya, bentuknya dan sebagainya. Deskripsikan dengan menggunakan kalimat yang jelas, singkat, mudah dipahami dan menarik. Dengan demikian, emosi calon konsumen akan muncul dengan sendirinya dan siap untuk membeli kuliner yang anda tawarkan.

 

7. Manfaatkan sosial media

Seperti yang saya katakan tadi, kebanyakan pengusaha baru biasanya menggunakan sosial media sebagai tempat jualannya. Tentu, sosial media juga sangat berguna dalam memasarkan produk.

Selain menggunakan website, anda juga bisa menggunakan sosial media sebagai tempat jualan sampingan (secondary marketplace). Tapi sebaiknya anda menghubungkan sosial media dengan website toko online anda, sehingga calon pembeli bisa lebih leluasa melihat produk anda.

 

8. Jaga kepercayaan konsumen Anda

Menurut orang cina, salah satu hal yang paling berharga adalah “trust”, “kepercayaan”. Jadi jaga kepercayaan konsumen anda. Jangan sekali- kali mencoba untuk membohonginya.

Meskipun konsumen anda tidak bisa mencicipi makanan anda langsung, anda harus tetap mengutamakan kualitas rasa yang ada. Jangan biarkan konsumen anda kecewa hanya karena mereka mendapatkan kualitas rasa yang buruk dan tidak sesuai dengan penjelasan anda.

 

9. Pelayanan

Seperti halnya konsumen pada umumnya, konsumen online juga menginginkan yang terbaik. Olehnya itu, berikan pelayanan terbaik anda. Saran dan komentar dari konsumen akan sangat membantu anda dalam hal meningkatkan mutu dan kualitas produk anda.

 

10. Jasa pengiriman barang

Jasa pengiriman ada 2 macam:

  • Dalam kota:

Jasa pengiriman dalam kota bisa digunakan untuk semua jenis makanan yang anda jual, baik makanan yang tahan lama maupun yang harus segera dikonsumsi. Tentunya jarak yang ditempuh oleh si pengirim barang relatif lebih dekat dibandingkan dengan ke luar kota. Meski demikian, anda harus tetap memperhitungkan jaraknya, apakah bisa tepat waktu atau tidak?

  • Luar kota:

Jarak yang ditempuh ke luar kota tentunya lebih jauh. Olehnya itu, tidak semua jenis makan bisa anda kirim ke luar kota, hanya makanan tertentu saja yang bisa (tahan lama).

Beri jamainan konsumen anda. Jika di jalanan terjadi kecelakaan dan makanan yang sudah di-order mengalami cacat, maka anda harus siap menggantinya dengan yang baru. Dengan begini, konsumen akan selalu memberikan kepercayaannya kepada anda.

 

11. Inovasi dan kreasi

Sebagai pengusaha anda harus tetap berinovasi dan mencari ide- ide baru. Anda harus bisa melihat peluang yang ada, menciptakan strategi penjualan, menarik hati konsumen, menciptakan resep baru dan sebgainya. Intinya jangan terlalu cepat puas hanya karena bisnis online anda bisa berjalan lancar. Ingat! Kompetitor dimana- mana dan sudah siap untuk bersaing dengan anda.

Bagaimana? Sudah siap berbisnis online kuliner? Saatnya giliran anda. Ingat! Apapun yang anda pelajari, jika tidak ada ACTIONnya sama saja dengan nol, tidak akan menghasilkan apa- apa, saya yakin.

[bctt tweet=”Ilmu tanpa pengamalan, bagaikan pohon yang tak berbuah” username=”Wahyu”]

Demikian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua terutama kepada diri saya pribadi. Jika terdapat kekurangan saya mohon maaf sebesar- besarnya. Terima kasih dan salam sukses. Jangan lupa share dan komentarnya yah!

7 thoughts on “Tips Bisnis: 11 Cara Sukses Membangun Bisnis Kuliner Secara Online”

Leave a Reply