9 Jenis Bisnis yang Cocok Untuk Pemuda

Pemuda adalah salah satu generasi penerus bangsa. Nasib Indonesia selanjutnya berada di tangan pemuda. Ada baiknya jika pemuda tersebut berlatih mulai sejak dini untuk mencari pengalaman. Bukan berarti menganggap remeh pendidikan, tetapi terkadang pengalaman jauh lebih berharga dari pada pendidikan. Itu yang pernah dikatakan Steve Jobs, pendiri Apple.

Image result for steve jobs pendiri apple
Steve Jobs, pendiri Apple Computer.

Memulai bisnis tidak harus menunggu anda sampai betul- betul matang, pemuda sekalipun sebenarnya juga harus belajar bernisnis. Seperti yang saya katakan, pemuda sebaiknya mencari pengalaman dari sekarang, termasuk pengalaman berbisnis.

Pemirsa, pada artikel ini, saya akan sharing mengenai peluang bisnis yang cocok untuk pemuda agar kedepannya sudah mempunyai pengalaman di bidang bisnis. Apa salahnya sih? Rasulullah saw. yang nyatanya adalah seorang Nabi dan Rasul juga notabenenya adalah seorang businessman yang sukses.

Mengenai modal, anda tidak perlu risau. Yang penting ada kemauan. Sebelum lanjut, perhatikan kisah inspiratif dari seorang pemuda bagaimana dia berhasil melakukan bisnisnya:

Pendiri Men’s Republic, Yasa Singgih, punya cara unik mencari ide-ide untuk mencari desain produk yang bisa dijualnya dan rupanya kerap digandrungi orang. Padahal, pengusaha muda berusia 21 tahun ini bukanlah pakar fashion.

“Kalau cerita saya pribadi, saya lebih suka pembelajaran di jalanan, banyak hal-hal bodoh yang saya lakukan. Karena saya tak tahu desain, saya datang ke pengrajin sepatu. Saya tanya ke bapaknya (pengrajin), sepatu yang paling laku kaya apa?”

“Lantas di bapaknya kasih pilihan gini-gini yang paling laku, terus saya pilih. Tapi saya mikir ini kok sepatu yang dikasih jelek menurutku, tapi kok bisa laku. Jadi saya berpikir, jual apa yang market suka, bukan apa yang kamu suka,” jelas Yasa.

Diungkapkan Yasa, banyak orang pengusaha pemula yang gagal lantaran membuat produk yang sesuai seleranya dan yakin bisa laku, namun rupanya tak disukai pasar.

“Awalnya saya nggak suka dengan sepatu saya, tapi ternyata laku. Pas laku saya akhirnya jadi suka sendiri. Jadi lihat saja marketnya suka apa, jangan apa yang kamu suka. Karena apa yang kita suka belum tentu orang suka saat dilempar ke market,” terang dia.

Selain itu, sambungnya, perlu menentukan segmen pasar yang ingin disasar sejak awal dalam berbisnis.

“Kalau belum laku bukan karena nggak bagus, tapi karena belum nemu jodohnya saja. Produk semahal semurah apa pun pasti ada yang beli. Pertama cari mau jual ke siapa, kelas middle, menengah bawah, atau atas. Tes dulu, jual ke teman, nggak perlu jual (massal) dulu,” pungkas Yasa.

Image result for yasa singgih
Yasa Singgih, pengusaha sepatu yang sukses di waktu mudanya.
Nah pemirsa, itu tadi sedikit tips dari pebisnis muda yang berhasil menjalankan bisnisnya dengan cara yang unik. Kalau orang lain bisa, mengapa tidak?

Anda ingin kaya?

Bisa sedekah dan memberi?

Membahagiakan orang lain?

Yah, jawabannya buatlah bisnis. Kalau anda sudah punya penghasilan dari bisnis, saya rasa anda sudah bisa melakukan sedikit lebih banyak hal, seperti yang telah saya ungkapkan di atas. Usia bukan masalah, bahkan kalau anda masih muda berarti anda punya lebih banyak waktu dan kesempatan untuk mencari pengalaman anda dalam berbisnis.

Banyak orang sampai saat ini masih sering salah tetang paradigma atau mind set tentang membuat bisnis. Kebanyakan dari mereka masih berfikir bahwa memulai usaha harus dengan modal uang sekian juta, atau sekian puluh juta. Saya katakan SEKARANG bahwasanya paradigma tersebut salah besar. Saya ulangi, yang terpenting adalah KEMAUAN. Itu yang nomor satu, kemauan.

Mindset seperti ini harus anda ubah agar kita bisa lebih maju menanggapi peluang bisnis. Orang yang masih hanya memikirkan tentang uang adalah sebagai modal utama dari sebuah usaha, hanyalah orang yang beranggapan bahwa dia dapat memulai usaha ketika dia membelanjakan sesuatu, kemudian dapat barang, barulah barang tersebut dijual. Padahal sebenarnya tidak demikian pemirsa.

Nah, masuk ke topik utama. Berikut nomor jenis bisnis yang cocok untuk pemuda:

 

1. Bisnis Pulsa

Kalau bicara tentang bisnis pulsa, kebanyakan orang beranggapan bahwa kita harus punya banyak handphone kemudian banyak deposit. Pemirsa, saat ini sudah banyak sekali distributor penyalur pulsa. Dalam hal ini persaingan antara distributor memungkinkan anda untuk memilih, siapa yang bisa  anda ajak untuk berpartner.

Contoh yang paling sederhana dalam berpartner ketika berbisnis pulsa adalah ketika anda mengajak beberapa orang untuk memulai berbisnis pulsa, kemudian anda patungan bersama mereka. Selanjutnya anda menghabiskan biaya patungan tersebut untuk deposit secara bersama-sama.

Kemudian pulsa tersebut anda jual dan keuntungannya dibagi rata. Proses penjualan akan lebih cepat jika anda melakukannya secara bersama- sama.

Ini akan menjadi lebih ringan dari segi permodalan tapi lebih cepat menghabiskan saldo atau deposit tersebut. Sangat mungkin dan mudah bukan??

Terlebih lagi jika anda masih muda. Bisnis ini sangatlah cocok buat anda yang memiliki modal kecil.

 

2. Bisnis Jasa Pembuatan Makalah

Pembuatan makalah bisa anda jadikan suatu usaha. Terkhususnya buat anda yang masih muda, hmm saya kira anda sudah terlatih dan terbiasa dengan hal ini. Nah, anda tidak perlu mempunyai keahlian khusus untuk membuka usaha ini. Cukup dengan koneksi internet dan cara merangkai kalimat yang baik, anda sudah bisa membuka usaha ini.

Referensi untuk pembuatan makalah bisa tentunya bisa anda dapatkan dari mbah Google. Saya pribadi pun pernah membuka jasa pembuatan makalah. Hitung- hitug permakalah itu harganya sekitar Rp. 25.000. Bukan saya yang beri harga pemirsa, tapi yang pesan. Hehehe…

 

3. Bisnis Warnet dan Tempat Play Station

Anda tidak harus punya pengetahuan lebih untuk membuka usaha ini. Cukup dengan meminjam modal untuk membeli peralatan warnet atau PS yang anda butuhkan. Mengenai cara setting warnet atau PS anda bisa mencari orang yang sudah punya warnet atau PS, bisa juga anda belajar dari mereka yang telah sukses dalam bidang ini.

Usia bukan masalah, yang membuka warnet dan tempat bermain game lazimnya adalah memang anak muda (pemuda). Nah, tunggu apalagi??

 

4. Membuka Kursus

Kelebihan khusus pada diri anda bisa mendatangkan keuntungan, tentunya dengan membuka kursus. Meski tanpa keahlian khusus pun sebenarnya anda juga bisa membuka kursus. Caranya?

Yah, cukup sewa orang yang ahli kan? Simple, tapi sebaiknya menyewa orang diperuntukkan kepada orang dewasa yang sudah punya modal dan pengalaman. Jika anda masih muda, sebaiknya anda sendiri yang mengajar.

 

5. Blogger dan Youtubers

Blogging bukan cara yang paling cepat untuk mendapatkan uang. Memang kalau dipikir singkat, bloging termasuk cepat, tapi kenyataanya tidak demikian. Youtube pun demikian, anda harus pintar membuat video yang menarik perhatian banyak orang.

Buat anda yang masih muda, selain untuk mengasah kemampuan menulis, anda juga bisa menghasilkan uang dari blog asal artikel anda berkualitas dan punya banyak visitor. Kalau anda mau belajar blogging, anda bisa membaca membaca panduannya di blog mas Darmawan atau mas Sugeng. Anda juga bisa join di grup Blogger Indonesia di Facebook (cari sendiri di FB, hehe).

Baca juga: Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang

Kalau youtube, teman sekelas saya sendiri sudah menghasikan 9 jt perbulan dari youtube. Yah, kalau dia bisa mengapa anda tidak??? Anda bisa memakai aplikasi Wondershare untuk membuat video, mudah kok cara pakainya.

Baca juga: Cara Menjadi Youtuber Sukses

 

6. Bisnis Game

Hobi bermain game juga bisa mendatangkan keuntungan pemirsa. Ini khusus game online yah. Sudah banyak game yang berpotensi memberi penghasilan. Saya sendiri pernah memainkan salah satu game Warspear Online dan menghasilkan uang dengan menjual itemnya.

Kalau masih muda kenapa tidak? Saya kira game ini bukan hal yang asing buat mereka yang masih muda.

 

7. Reseller

Reseller itu membeli barang, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih. Reseller ada banyak macam loh pemirsa. Baju, perlengkapan, akun game, dan sebagainya.

Saya pernah mencoba reseller item dalam game. Lumayan hasilnya bisa nambah uang jajan gua.

 

8. Jasa Pengetikan

Bisnis ini tidak jauh beda dengan bisnis pembuatan makalah. Kalau jasa pengetikan cukup bermodal sebuah komputer dengan sebuah printer. Mengenai tempat, anda bisa menyewa sebuah tempat. Orang yang membutuhkan jasa pengetikan adalah orang yang butuh hasilnya selesai tepat sesuai dengan yang mereka inginkan.

Jadi mereka tidak akan melihat tempat anda ada dimana. Bahkan sekalipun tempat usaha anda hanya di dalam kamar. Tentunya  anda bisa menawarkan jasa pengetikan ini melalai internet. Hasil yang baik akan sangat berpengaruh pada orderan jasa anda, jadi buat semaksimal mungkin!

 

9. Dropship

Dropship ini tidak sama dengan reseller. Kalau dropship tidak perlu membeli barang. Sementara reseller harus membeli barang terlebih dahulu.

Keuntunganya jangat jelas sekali, anda tidak perlu mengeluarkan modal. Penghasilannya pun tidak main- main, asalkan anda konsisten.

Prinsip kerjanya sederhana, anda mempromosikan sebuah produk dari toko online atau sosial media. Kemudian ketika ada yang pesan, anda meminta konsumenya untuk transfer dana terlebih dahulu. Setelah konsumen/ yang memesan produk telah meneransfer dana, anda kemudian membeli barangnya dari si penjual. Tapi anda katakan kepada si penjual agar mengirimkan barangnya ke alamat si pembeli tadi. Jadi anda hanya bersifat perantara.

Dibutuhkan keyakinan dan kepercayaan dari setiap pelanggan yang anda tawarkan. Oleh karena itu, jangan sekali-sekali berbuat curang atau kebohongan yang dapat membuat anda tidak akan dipercayai orang lagi.

Baiklah pemirs, itulah tadi beberapa jenis bisnis yang cocok untuk pemuda. Semoga bermanfaat but anda dan kita semua. Terima kasih dan salam sukses, jangan lupa komentarnya yah!!

7 thoughts on “9 Jenis Bisnis yang Cocok Untuk Pemuda”

  1. haha aku buka jasa pengetikan artikel… 😀 habis mau bikin coba yang lain teh kayaknya skill dan modal gak mumpuni… – — – — — — jadi wbuka jasa bikin artikel dan…desain logo header website… 🙂

  2. Betul banget mas, yang saya lakukan jadi blogger, youtuber, jualan buku dan jasa terapi.

    Selain dari kerja pro di sekolah.

Leave a Reply