Bisnis Kuliner: 7 Ide Kreatif Untuk Usaha Kuliner Anda Dengan Modal Kecil

Bisnis kuliner sangat cocok buat anda yang suka berkreasi dengan kuliner/ makanan. Selain untuk menjalankan hobi, anda juga bisa meraih keuntungan dari usaha yang satu ini. Mengenai ide, anda tidak perlu khawatir, di sini saya akan bahas banyak ide bisnis kuliner khusus buat anda yang tertarik untuk membuka usaha ini.

[bctt tweet=”Ide itu diciptakan, bukan dicari…” username=”Wahyu”]

Itu adalah motivasi buat anda agar terus berinovasi dan menghasilkan hal- hal baru. Sama halnya dalam membuka usaha, kalau anda hanya menjual kuliner yang itu- itu saja, tidak ada diferensiasi, siap- siap saja untuk menghitung kerugian. Olehnya itu, berinovasilah!

Inovasi bisa saja muncul dari ketidaksengajaan, hingga menjadi sebuah ide. Berawal dari mencampur- campurkan bahan makanan, dan akhirnya tidak sengaja menemukan resep baru yang unik dan belum ada sebelumnya.

Teman- teman pun mencobanya, dan yah mereka sangat suka. Di sinilah letak peluang bisnis kuliner anda. Bagaimana?

Yah, itu hanya gambaran sederhana mengenai “inovasi” yang biasa muncul dari ketidaksengajaan.

Saatnya masuk ke pembahsan, berikut beberapa ide kreatif untuk usaha kuliner/ makanan anda:

 

1. Keripik Kering dari Buah-buahan

Kripik buah cocok untuk usaha kuliner anda.
Kripik adalah salah satu makanan terfavorit. Makanan ringan satu ini benar- benar menggoda siapapun, mulai dari anak- anak sampai dewasa. Ohh, tidak untuk kakek nenek yah, habis giginya tinggal dua…. (lagu)

Apalalgi jika disantap saat santai, waww, bertambah deh nikmatnya. Bahan utamanya pun bervariasi, bukan hanya berasal dari umbi- umbian, tapi buah- buahan juga bisa dijadikan sebagai bahan utama keripik. Saya sendiri pernah makan kerupuk apel loh…

Yang paling penting, anda bisa mengolahnya menjadi keripik. Pada umumnya prosesnya sih begini:Buah dikupas dan dikeringkan untuk menghilangkan kandungan air didalamnya >  dijemur > digoreng dengan minyak ataupun bisa dibakar > jadi kerupuk.

2. Pisang Lapis Coklat Hitam dan Putih

Pisang coklat sangat mudah untuk dibuat.
Coklat adalah makanan manis yang semua orang menyukainya. Sampai-sampai ada peribahasa yang mengatakan, “Jangan percaya terhadap orang yang tidak suka Coklat!”Lalu siapa yang tak kenal pisang? Buah yang satu ini tampaknya selalu cocok untuk dibuat panganan jenis apa saja.

Di poin nomor 1 buah pisang sudah disebutkan dapat menjadi panganan kering-keripik.

Maka kini, di poin ke 4 pisang pun menjadi primadona lantaran ia dilapisi oleh coklat hitam dan putih. Dengan memilih buah pisang yang berkualitas, lalu dipotong apabila terlalu panjang dan dicelupkan ke dalam coklat, maka sudah bisa menjadi makanan unik untuk usaha anda.

Belum lagi jika ditambah dengan butiran cha-cha atau coklat bulat, maka pisang lapis coklat ini sudah menjadi makanan unik unggulan.

Baca juga: 11 Cara Sukses Membangun Bisnis Kuliner Online

 

3. Sosis Bakar

Siapapun yang mendenganr kata sosis, terbayang di pikirannya tentang makanan enak yang serba royal. Iya, sosis begitu banyak dijual dengan harga- harga yang tidak murah. Meski demikian, rasa dan kualitasnya sebanding dengan harganya, jadi jangan salah mengenai harga!!

Apalagi kalau dibakar, hmm, kebayang gak sih rasanya yang begitu menggoda. Kalau anda berminat, anda bisa membuka usaha kuliner yang satu ini. Tapi jangan lupa lihat peluang yah!!! Kalau di sekitarmu banyak orang- orang yang royal alias kaya, wahh.. bisa dibilang ini adalah salah satu peluang buat anda.

 

4. Jualan Bubur Kacang Hijau

Sebagian besar orang suka makan bubur kacang hijau, sehingga bubur kacang hijau merupakan bubur favorit. Selain kandungan gizi yang komplit dan tinggi, membuat bubur kacang hijau juga tidak sulit. Bubur kacang hijau dapat dijual di sekitar kampus, sekolah, pabrik, atau berjualan di pinggir jalan.

Harganya pun terbilang murah seingga bubur kacang hijau ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pembeli. Pemirsa, rasanya pun tidak kalah enak loh…

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau

5. Usaha Roti Bakar

Pribadi, sarapan favorit saya tiap pagi salah satunya adalah roti bakar. Selai rasanya yang enak, pembuatannya pun cukup mudah. Hanya dengan memakai roti tawar biasa plus margarine dan ceress. Setelah itu dibakar di pan. Selesai deh…
Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

6. Gorengan

Penjual gorengan bisa anda temukan di mana saja. Gorengan yang dijajalkan pun bervariasi, mulai dari tahu goreng, bakwang, hingga martabak dan sebagainya. Gorengan juga merupakan makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang.

 

7. Singkong Keju

Usaha singkong keju masih sangat jarang ditemukan.

Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya. Akan tetapi bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang mudah dan proses pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi anda sendiri.

Baiklah pemirsa, mungkin itu tadi beberapa peluang bisnis kuliner yang bisa anda coba, yah, hitung- hitung bisa menambah penghasilan tentunya. Terima kasih dan salam sukses selalu, jangan lupa komentarnya yah!!

6 thoughts on “Bisnis Kuliner: 7 Ide Kreatif Untuk Usaha Kuliner Anda Dengan Modal Kecil”

Leave a Reply