Mau Jago Negosiasi? Berikut 9 Strategi Negosiasi yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Dalam dunia bisnis, istilah negosiasi sudah tidak asing lagi. Iya, negosiasi ini tidak lain adalah sebuah cara/ proses yang dilakukan oleh seseorang untuk memengaruhi orang lain, istilahnya negosiator. Tentunya ada beberapa strategi negosiasi yang bisa anda lakukan agar negosiasi anda dapat terwujud sesuai keinginan dan saling menguntungkan antara negosiator.

 

Prinsip- prinsip negosiasi

Win- win adalah prinsip utama sekaligus tujuan sebenarnya dari negosiasi.
Win- win adalah prinsip utama sekaligus tujuan sebenarnya dari negosiasi.

Baiklah, sebelum masuk ke pembahasan utama, ada baiknya jika anda mengetahui prinsip- prinsip dalam bernegosiasi. Beberapa prinsip ini musti anda pegang erat agar terwujudnya negosiasi yang berkualitas dan bermanfaat dan akhirnya, yah negosiasi yang anda lakukan berhasil dan sesuai keinginan anda.

Jangan asal negosiasi, gunakan prinsip- prinsip ini:

  1. Mewujudkan kondisi win- win solution pada kedua negosiator, tanpa adanya pihak yang dirugikan
  2. Membangun kerja sama dan rasa saling percaya antara kedua belah pihak agar masalah bisa diselesaikan
  3. Harus ada ketegasan pada diri negosiator
  4. Tidak adanya tekanan pada komunikasi yang terjadi
  5. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami
  6. Gunakan empati dalam bernegosiasi sehingga kedua negosiator bisa saling memahami

Nah, sudah jelaskan prinsip negosiasi? Jika semua prinsip itu anda gunakan ketika negosiasi, saya yakin hasil negosiasi yang anda lakukan akan sesuai dengan keinginan anda dan tidak mengecewakan.

 

Strategi Negosiasi

Ada beberapa strategi ampuh dalam negosiasi yang harus anda terapkan.
Ada beberapa strategi ampuh dalam negosiasi yang harus anda terapkan.

Kali ini, saya akan sharing mengenai strategi dalam bernegosiasi bisnis yang bisa anda terapkan. Intinya adalah ACTIONnya, bukan hanya teori saja, tapi prakteknya. Berikut 9 strategi negosiasi:

 

1. Perhatikan argumennya

Dengarkan dengan cermat argumen dari lawan bicara anda. Santai, tak perlu tegang. Setelah mencermatinya, nilailah dengan logis argumen tersebut.

  • Apa tujuan sebenarnya dari lawan negosiasi anda?
  • Apakah masuk akal atau tidak?
  • Bisa diwujudkan atau tidak?
  • Sesuai dengan keinginan anda?
  • Tidak merugikan pihak lawan dan pihak lain?

Analisis argumennya. Jika anda menemukan sesuatu yang kurang anda mengerti, mintalah kejelasannya, jangan ragu. Bertanyalah bagaimana, mengapa, di mana, kapan dan pertanyaan lainnya. Tak masalah jika anda kepo. Jangan sampai anda menyesal karena hal yang kurang jelas tersebut.

Intinya, klarifikasi masalah yang anda temui pada negosiasi tersebut.

 

2. Kendalikan suasana ketika negosiasi

Sebelum negosiasi, anda harus mempersiapkan suasana yang tepat. Itu dilakukan agar anda dapat mengendalikan suasana saat negosiasi berlangsung. Mengapa anda harus mengendalikan suasana?

Karena dengan mengendalikan suasana anda akan mendapatkan keuntungan khusus dalam bernegosiasi. Misalnya, tempat yang membuat anda nyaman, hawa ruangan dan sebagainya.

Di samping itu, kenali juga kekuatan luar yang dapat menjadi masalah (faktor eksternal). Misalnya saja gangguan yang bisa datang dari luar.

 

3. Kendalikan diri anda

Tetap tenang dan santai, tidak perlu tegang. Usahakan tetap menggunakan kata yang tegas yang menunjukkan kewibawaan anda. Jangan terlalu agresif sehingga dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam negosiasi.

 

4. Beranilah!

Beranilah untuk berkata “tidak” ketika hal itu diperlukan. Ingat, jika anda menemukan sesuatu yang tidak berkenang di hati anda atau bertentangan dengan tujuan negosiasi anda, maka gunakan kata “tidak”. “Tidak” merupakan kata singkat yang mempunyai kekuatan besar untuk menolak argumen.

 

5. Ketahui semua data item yang dinegosiasikan

Ini yang paling penting. Pengetahuan, kelengkapan data dan informasi dari item yang dinegosiasikan akan sangat membantu. Tentunya semakin banyak yang anda ketahui, semakin baik pula bagi anda dalam melakukan negosiasi.

 

6. Keterampilan

Gunakan keterampilan persuasi anda, baik verbal maupun non- verbal. Bersikaplah terbuka dengan menggunkan mimik tubuh yang meyakinkan. Jangan bersifat defensif atau tertutup sehingga tujuan anda tidak bisa tersampaikan.

 

7. Fokuslah!

Tentukan tindakan dan fokuslah pada tujuan negosiasi anda. Jangan lengah, teruslah cari titik terang permasalahan dan capailah kesepakatan.

[bctt tweet=”FOCUS: Follow One Course Until Successful” username=”Wahyu”]

 

8. Yang paling utama adalah win- win

Sama – sama menang dan menguntungkan adalah hakikat dari tujuan negosiasi. Negosiasi ada untuk menciptakan interaksi saling menguntungkan tanpa adanya pihak yang dirugikan. Demi terwujudnya hal itu, anda harus menggunakan strategi- strategi tertentu dan menguasai data item sehingga terwujudnya negosiasi win- win (sama- sama menang).

 

9. Terakhir

Ringkas dan tulislah kesepakatan akhir yang anda capai pada negosiasi. Jika hasil tersebut kemungkinan tidak dapat direalisasikan, maka buatlah rencana alternatif.

Itu tadi 9 strategi dalam bernegosiasi. Dengan menerapkan prinsip dan strategi negosiasi tadi, anda dapat melakukan dan mewujudkan negosiasi yang efektif. Anda juga bisa membaca artikel ini untuk lebih lengkapnya.

Baca juga : 9 cara ampuh menghasilkan uang jutaan rupiah dari blog

Saya katakan, keterampilan negosiasi sangat berguna dalam kehidupan sehari- hari, tidak hanya dalam berbisnis. Itulah mengapa anda harus mempelajari strategi negosiasi.

Apa tujuan utama negosiasi?

Yakni anda bisa memengaruhi orang lain untuk melakukan apa yang anda inginkan. Iya, negosiasi kan salah satu teknik memngaruhi orang lain. Itulah kemampuan dari seorang negosiator andal, dapat dengan mudah memengaruhi orang lain demi mewujudkan kepentingan yang ingin dicapainya.

Kesimpulannya, mulailah belajar teknik negosiasi dari sekarang. Mungkin manfaatnya belum anda rasakan sekarang, tapi nanti? Siapa tahu dengan menjadi negosiator andal anda bisa mewujudkan kehidupan yang sejahtera dan damai.

Demikian artikel saya, semoga bermanfaat bagi kita semua terutama bagi diri saya pribadi. Terima kasih dan salam sukses buat anda. Jangan lupa komentarnya yah!

2 thoughts on “Mau Jago Negosiasi? Berikut 9 Strategi Negosiasi yang Tepat Untuk Bisnis Anda”

  1. Terima kasih Mas info ya. Jujur, selama ini yang Saya tahu tentang nego adalah prinsip kemenangan. Saya tidak pernah berempati padang orang lain. Dengan adanya artikel ini, saya sangat terbantu.

    1. Sama- sama mas. Memang dalam bernegosiasi kita harus berempati agar bisa ikut merasakan apa yang orang lain rasakan.

Leave a Reply