9 Cara Ampuh Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah Dari Blog

Pembaca yang budiman, siapa sih yang tidak mau memperoleh penghasilan jutaan rupiah dari blognya? Saya sendiri pun biasa mencari artikel yang membahas tentang cara menghasilkan uang dari blog. Nah, yang paling penting jangan paksakan diri anda untuk membuat blog bahasa Inggris demi mengejar penghasilan. Yah, tapi kalau untuk belajar, silahkan.

Saya sendiri pernah mencoba membuat blog bahasa Inggris, tapi hasilnya nihil. Maklum, waktu itu saya masih pakai bahasa robot alias Google Translate. Meski begitu, saya mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga dari kegagalan saya.

Bersambung… nanti saya lanjut di lain waktu. Sekarang kita akan masuk ke pembahasan.

Baiklah, sebenarnya ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari internet, salah satunya adalah melalui blog. Namun sebelum itu, blog anda sudah harus siap untuk menghasilkan uang. Apa saja kesiapannya?

  • Minimal 100 visitor perhari
  • Kepercayaan yang sudah terbangun
  • Tampilan blog di atas standar dan menarik

Saya sarankan anda untuk membaca “6 cara membuat blog yang menghasilkan uang” terlebih dahulu sebelum membaca artikel ini lebih jauh.

Tetapi jika anda ingin lanjut, silahkan. Saya juga akan menjelaskan sedikit mengenai cara membuat blog yang berpotensi menghasilkan uang. Nah, ini dia:

 

1. Buat blogmu

Untuk membuat blog yang menghasilkan uang, anda tentunya harus punya blog dulu. Bukan blog yang sembrono, tetapi blog yang bermanfaat dan membahas suatu topik tertentu (niche) untuk disajikan kepada pembaca.

Baca juga: Pengalaman saya ketika membeli blog baru niche game

 

2. Yang paling utama kontennya

[bctt tweet=”Tidak semua konten adalah raja. Hanya konten berkualitaslah yang pantas menjadi raja.” username=”Wahyu”]

Kalau tidak ada konten, bukan blog namanya. Selain itu, kontennya juga harus bermanfaat dan memberi solusi kepada pembaca. Dengan begitu, kepercayaan pembaca kepada anda akan tumbuh dengan sendirinya.

 

3. Temukan pembacamu

Konten yang anda sajikan adalah kuncinya. Konten yang berkualitas akan menarik banyak pembaca. Tidak menutup kemungkinan ada di antara pembaca tersebut yang menjadi pembaca setia dan pembeli produk yang anda tawarkan.

 

4. Bangun kepercayaan

Buatlah komunitas pembaca setia blog anda. Itu akan membuat anda semakin dekat dengan mereka. Senantiasalah berbagi informasi yang bermanfaat. Yang paling penting, jangan sekali- kali mengecewakan pembaca anda.

 

5. Saatnya untuk menghasilkan uang (monetisasi)

Inilah salah satu alasan banyak orang membuat blog dan mengembangkannya. Tapi perlu anda ketahui, blogging bukanlah cara termudah untuk menghasilkan uang.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membacanya di sini.

 

Menghasilkan uang dari blog

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog.

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Silahkan perhatikan gambar berikut!
Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Silahkan perhatikan gambar berikut!

Saya baca salah satu artikel di Problogger dan mendapati gambar tersebut. Iya, ada banyak sekali cara menghasikan uang dari blog. Anda bisa membacanya sendiri di atas.

 

1. Penghasilan dari pengiklanan (Advertising)

Banyak blogger yang menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang. Yah, bisa dibilang ini cara popular untuk monetisasi. Tetapi menurut saya, penghasilannya bisa dibilang sangat kecil terutama di Indonesia.

Jika anda berminat, anda bisa menggunakan jaringan pengiklanan Google AdSense yang sedang popular saat ini.

Selain itu, anda juga bisa menawarkan ruang iklan di blog anda. Masalah harganya, anda sendiri yang tentukan. Cara ini bisa dibilang lebih terjamin. Ya, anda akan langsung memperoleh uang dari si pemasang iklan di blog anda.

Nah, semakin tinggi visitor anda, semakin tinggi pula bayarannya Usahakan iklan yang dipasang sesuai dengan tema blog anda.

 

2. Affiliate marketing

Menurut survei, penghasilan terbesar bloggers terkenal berasal dari affiliate marketing. Di affiliate marketing, anda menjual produk milik orang lain. Nah, anda akan mendapatkan komisi setiap ada produk yang terjual lewat blog anda.

Sebaiknya produk afiliasi yang anda ikuti sesuai dengan tema blog sehingga konversi penjualan bisa lebih besar. Sederhanya begini:

  1. Tentukan produk yang sesuai dengan niche blog
  2. Riset kata kunci produk
  3. Buat review produk dalam bentuk artikel
  4. Terbitkan
  5. Promosikan

Jangan sembarang produk! Usahakan produk yang berhubungan dengan niche blog anda, Dengan demikian, penghasilan anda juga bisa lebih maksimal.

Di luar negeri, program afiliasi yag terkenal adalah Amazon.com dan Clickbank.com. Kalau di Indonesia, anda bisa mengikuti produk afiliasi:

Kelebihan dari program afiliasi adalah anda tinggal menawarkan produk tersebut tanpa harus bersusah payah membuat produk. Tentunya anda harus membuat review produk atau memasang banner produk langsung di widget. Keduanya harus mengandung link afiliasi yang bisa anda peroleh dari penyedia produk.

Kelemahannya, penghasilan yang didapatkan tidak bisa langsung diperoleh. Anda harus menunggu waktu tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia afiliasi.

 

3. Events

Cara menghasilkan uang dari blog yang ketiga adalah melalui event. Biasanya blogger yang sudah terkenal akan berinisiatif untuk mengadakan event- event tertentu. Seperti pelatihan, workshop, dan pertemuan lainnya. Anda diharuskan membayar terlebih dahulu sebelum mengikuti event tersebut.

 

4. Recurring revenue

Yang ini anda harus punya konten premium dalam blog anda. Untuk mengakses dan membaca konten premium tersebut, pembaca harus membayar terlebih dahulu. Dengan demikian, anda bisa memperoleh penghasilan dari cara yang satu ini.

 

5. Promosi bisnis offline

Banyak pebisnis offline (layaknya pengusaha dan sebagainya) yang ingin mempromosikan brand mereka. Hal itu dilakukan agar brand dan produk mereka semakin terkenal sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Anda bisa menawarkan cara ini kepada perusahaan/ pebisnis yang ingin produk dan jualannya terkenal.

 

6. Layanan/ jasa

Anda punya kelebihan di bidang lain? Opsi ini bisa anda lakukan sebagai solusinya. Anda bisa menawarkan jasa konsultasi, membangun desain blog, kursus dan sebgainya.

 

7. Menjual produk sendiri

Kalau anda punya produk, anda bisa langsung menjualnya ke pembaca blog anda. Banyak blogger terkenal yang menggunakan cara ini untuk menghasilkan uang dari blog mereka. Salah satunya yang adalah Herman Yudiono, pemilik blog Blogdolar yang kerap disapa Kang Yudiono ini menjual produknya dalam bentuk ebook. Pembayarannya bisa dilakukan melalui transfer rekening bank atau PayPal.

Mengenai produk yang ingin dijual itu terserah anda. Mau produk fisik (seperti buku) atau produk digital (ebook). Usahakan produk anda juga sesuai dengan niche blog.

 

8. Menjual tema/ template blog

Jika anda memiliki skill dalam pembuatan tema, anda juga bisa memperoleh penghasilan dari cara ini. Anda juga bisa menyewa jasa programmer tema untuk pembuatannya dan menjualnya.

 

9. Penghasilan lain

Cara terakhir untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan menjual blog anda sendiri. Opsi ini bisa anda lakukan jika anda sudah tidak bisa mengurusi blog anda lagi.

 

Menghasilkan uang dengan banyak cara

Gunakan lebih dari satu cara untuk menghasilkan uang dari blog anda.
Gunakan lebih dari satu cara untuk menghasilkan uang dari blog anda.

Anda bisa menggunakan lebih dari satu cara untuk menghasilkan uang dari blog (metode kombinasi). Contohnya dengan menggunakan Google AdSense, affiliate marketing dan menjual produk sekaligus. Dengan demikian, anda bisa lebih leluasa untuk memperoleh penghasilan dari blog.

 

Kesimpulannya

Seperti yang saya jelaskan tadi, ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Saran saya, gunakan minimal dua sampai tiga (kombinasikan) cara di atas untuk memperoleh penghasilan. Dengan demikian, pendapatan anda akan relatif lebih besar dan lebih lancar.

Sebaliknya, jangan gunakan terlalu banyak cara di atas sehingga dapat mengganggu kenyamanan pembaca anda. Bisnis bukan berbicara masalah uang, tetapi masalah orang. Kalau pembaca anda nyaman dan puas, mereka akan jadi pembeli.

Saya harap apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi anda. Saya tidak sedang memaksa anda. Tetapi jika anda memang ingin membantu yang lain, silahkan bagikan artikel ini.

Saya akan terus menulis dan berharap tulisan saya dapat memberi manfaat bagi banyak orang.

Demikian artikel saya, terima kasih dan salam sukses. Jangan lupa komentarnya yah!

6 thoughts on “9 Cara Ampuh Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah Dari Blog”

    1. Kalau dari blog, penghasilan saya belum seberapa, gan. Kalau dari game sih, Alhamdulillah, udah lumayan. Maklum, mantan gamers, hehehe…

Leave a Reply