Inilah 7 Cara Sukses Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Saya yakin, ketika anda membaca artikel ini berarti anda tertarik dengan bisnis online. Faktanya, memulai bisnis online dari awal bukanlah hal yang mudah, perlu dedikasi. Anda mungkin sudah mendengar cerita orang lain atau teman anda yang sukses dalam bisnis onlinenya. Tentunya anda juga ingin sukses dalam memulai bisnis online kan?

Benar, sudah banyak orang yang kaya raya karena bisnis online. PewDiePie salah satunya, dan masih banyak lagi. Bahkan anda sekalipun bisa jadi kaya.

Sekarang, bisnis online sedang hotnya. Namun, masih sedikit yang benar- benar tahu prinsipnya. Prinsipnya sama dengan bisnis offline, menyediakan produk/ jasa untuk dijual, meskipun iklan, ujung- ujungnya iklan tersebut mengarah kepada suatu produk. Yang kedua, tidak ada yang praktis. Makanya, hati- hati dengan promo bisnis online yang menjanjikan jutaan rupiah dalam sekejap. 1000% penipu.

Waspada dengan bisnis online yang sangat menggiurkan.
Waspada dengan bisnis online yang sangat menggiurkan.

Cara kerjanya pun hampir sama:

Bisnis offline, anda harus punya produk untuk dijual untuk mendapatkan penghasilan. Kalau online, anda tidak perlu menyediakan produk, anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan dan sebagainya.

Baiklah, seperti yang saya katakan tadi, memulai bisnis online bukanlah hal yang mudah.  Jika anda ingin sukses dalam memulai bisnis online, artikel inilah solusinya. Artikel ini akan menuntun anda agar bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis online.

Kenapa harus bisnis online? Bisnis online ternyata punya kelebihan tersendiri dibandingkan offline. Apa saja kelebihannya?

  • Tidak mahal untuk memulai bisnis online
  • Pemasaran juga gratis
  • Anda dapat menjual saat anda tidur
  • Tidak ada batas untuk bisnis online
  • Bisnis online juga ramah lingkungan
  • Transaksi keuangan yang jauh lebih mudah dan lebih cepat
  • Potensi dan pendapatannya lebih besar daripada bisnis offline

Dan masih banyak lagi kelebihannya, salah satunya anda bisa mempunyai bisnis online dengan gratis.

Tapi, ada beberapa hal yang bisa membuat orang lain kecewa dengan bisnis online. Apa itu:

  • Orang yang tidak terlalu paham dengan internet akan kesulitan untuk berbisnis online
  • Bukan passive income
  • Anda harus serius dan konsisten untuk memperoleh penghasilan

Baiklah, Mulai saat ini anda akan menemui istilah- istilah baru dalam dunia bisnis online. Kalau anda ingin sukses, jangan langsung down apalagi menyerah saat mendengar istilah baru yang sulit dipahami. Search di Google anda paham artinya.

Nah, sebenarnya sudah banyak website yang membahas tentang cara sukses memulai bisnis online, tetapi di sini saya akan membuat panduan ini lebih lengkap dari yang lain.

Saya akan memberikan anda saran. Ingat, ini penting! Jangan takut mengeluarkan modal dalam hal berbisnis. Kalau anda ingin mendapatkan penghasilan semaksimal mungkin, maka anda juga harus berkorban. Kalau anda tidak ingin berkorban, maka jangan pernah bermimpi untuk mendapatkan yang lebih. Belilah produk yang membantu anda dalam berbisnis. Apakah itu e-book, layanan dan produk lainnya.

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya jika anda mengenal beberapa model bisnis online yang paling populer.

 

Bisnis online yang paling populer

Saat ini, bisnis online sedang berkembang.
Saat ini, bisnis online sedang berkembang.

Ada banyak model bisnis online sekarang, Namun yang paling populer hanya ada beberapa. Nah, anda bisa langsung menentukan model bisnis online yang cocok dengan anda.

 

1. Menjual produk

Ini yang paling populer dan mudah, banyak orang yang menjalankannya. Penghasilannya pun tidak sedikit. Caranya pun simple. Cukup dengan menjual produk sendiri atau orang lain di marketplace atau pasar online. Anda juga bisa menjualnya lewat sosial media dan sebagainya.

Model bisnis ini cocok untuk anda yang:

a. Memiliki produk yang ingin dijual

b. Ingin mengembangkan bisnis offline ke bisnis online

c.. Mempunyai modal kecil, atau tidak sama sekali

d. Butuh penghasilan langsung

 

2. Publisher iklan

Mengapa banyak orang rela untuk menulis artikel yang berkualitas di blog mereka? Ada juga yang mengeluarkan banyak biaya demi menyewa penulis artikel handal. Bahkan, ada yang rela membeli artikel. Mengapa?

Karena, mereka bisa memperoleh penghasilan dari iklan. Setiap orang yang berkunjung ke blog mereka dan meng-klik iklan, maka otomatis mereka akan memperoleh penghasilan.

Salah satu jaringan pengiklanan terbesar adalah Google AdSense. Itu yang sering digunakan oleh pemilik website.

Prosesnya begini:

Anda membuat website/ blog > mendatangkan pengunjung > mendaftar untuk menjadi publisher iklan > pengunjung meng-klik iklan di blog anda > anda mendapat penghasilan.

Model bisnis ini cocok untuk anda yang:

a. Ingin bisnis sampingan dengan penghasilan yang lumayan

b. Hobi menulis dan berbagi

c. Ingin pendapatan semi- pasif

 

3. Membuat layanan berlangganan

Model bisnis online ini bisa dalam berbagai bentuk, persamaan adalah berlangganan. Nah, setiap orang yang berlangganan harus membayar.

Jadi, para kustomer membayar rutin bulanan atau tahunan. Ini beberapa contoh bentuknya:

a. Blog dengan konten premium

b. Forum dengan keanggotaan berbayar

c. Software/app berbayar

d. Kursus, konsultasi, jasa berlangganan

e. Majalah digital

f. Produk berlangganan

Model bisnis layanan berlangganan ini kedepannya akan semakin populer. Bahkan sekarang bisnis-bisnis berbasis software/app hampir semuanya punya sistem berlangganan.

Model bisnis ini cocok untuk anda yang:

a. Bisa membuat produk sendiri

b. Mengembangkan produk (developer) yang sudah ada dengan menambah nilainya

c. Butuh penghasilan langsung yang stabil

 

4. Referral/CPA/Affiliate marketing

Affiliate marketing itu model bisnis anda mempromosikan produk milik orang lain, kemudian anda akan mendapatkan penghasilan setiap kali ada produk yang berhasil terjual. Bisnis ini biasa juga disebut referral marketing atau CPA marketing.

Selain iklan, ini yang paling populer di kalangan blogger. Alasannya karena penghasilannya (jauh) lebih tinggi dari iklan dan mereka tidak perlu pusing membuat produk.

Model bisnis online ini cocok buat anda yang:

a. Tidak butuh pengahsilan cepat

b. Tidak mempunyai modal besar untuk start

c. Ingin penghasilan semi- pasif

Sebagian besar orang yang mulai berbisnis affiliate marketing biasanya mengandalkan blog. Jadi pelajari bagaimana cara membuat dan mengembangkan blog.

 

5. Bermain game

Model bisnis yang satu ini bisa dibilang unik. Iya, disamping untuk menghibur, game juga bisa dijadika bisnis untuk menghasilkan uang. Nah, cara untuk menghasilkan uang dari game ada banyak:

a. Menjual item atau equipment dalam game online

b. Menawarkan jasa kenaikan level (bantuan)

c. Menjual akun

Saya pribadi adalah pemain game online dan terbukti, game bisa menghasilkan uang. Saya rekomendasikan game Warspear Online jika anda ingin mencoba model bisnis ini. Lalu lintas tradingnya sangat padat sehingga berpotensi besar untuk memperoleh uang.

Model bisnis ini cocok bagi anda yang:

a. Profesional bermain game (gamer)

b. Ingin menambah penghasian

c. Hobi bermain game

 

6. Membangun startup

Apa itu startup? Singkatnya, startup adalah sebuah bisnis baru yang dibangun dengan model dan proses kerja yang benar-benar baru, tidak meniru bisnis lain yang sudah pernah ada sebelumnya.

Bentuknya baru, belum pernah ada. Artinya, inovasi baru. Jadi misalnya anda memulai bisnis berupa blog untuk affiliate marketing, maka itu bukan startup. Karena modelnya sudah ada sebelumnya dan umum.

Intinya, saat ini industri startup di Indonesia sedang hangat. Setiap minggunya ada puluhan startup digital yang muncul. Hanya saja, startup membutuhkan investor yang memadai untuk berkembang.

Model bisnis ini cocok untuk anda yang:

a. Kreatif, suka berinovasi dan mencari ide baru

b. Suka tantangan baru

c. Ingin menciptakan hal besar, layaknya Facebook yang mendunia

Nah, itulah tadi beberapa model bisnis online yang populer sekarang ini. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca 44 peluang usaha online.

Baca juga: 7 poin penting prinsip bisnis online

 

Cara sukses memulai bisnis online

Langsung saja, berikut cara sukses memulai bisnis online:

 

1.Buatlah persiapan!

Persiapan adalah salah satu kunci sukses.
Persiapan adalah salah satu kunci sukses.

Menurut Graham Bell dan General Collin Power, persiapan adalah salah satu kunci sukses. Namun, apa yang harus anda persiapkan untuk memulai bisnis online.

Baca: Cara membuat persiapan untuk bisnis online

2. Tentukan bisnis online anda

Di atas tadi, ada beberapa model bisnis online uang populer yang bisa anda pilih.Pilih salah satu diantaranya yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Dalam langkah persiapan tadi, anda akan dituntun untuk menemukan minat, bakat dan keahlain anda.

Banyak orang yang salah dalam memilih bisnis online yang sesuai  untuk mereka. Akhirnya? Bisnisnya tidak menghasilkan apapun. Hal inilah yang menjadi momok bagi pemula bisnis online.  Kemudian, bagaimana cara memilih bisnis online yang tepat untuk anda?

Jawabannya terdapat pada diri anda sendiri. Saya beri gambaran.

Si Zul mempunyai  blog yang jumlah pengunjungnya  lumayan banyak. Pengasilannya juga lumayan banyak. Akan tetapi, akhirnya  dia menutup blognya tersebut. Mengapa?

Jawabannya simple,

Karena ia merasa tidak cocok dengan bisnisnya tersebut dan akhirnya bosan. Meskipun penghasilannya lumayan, tetapi hanya bisa dirasakan dalam jangka pendek, kan sama saja.

Olehnya itu, memilih bisnis online yang tepat untuk anda sangat sangat penting. Dengan memilih bisnis online yang sesuai dengan minat dan bakat anda, maka bisnis online anda berpotensi besar untuk sukses.

Jadi, saran saya, pilihlah  bisnis online yang sesuai dengan minat, bakat dan keahlian anda. Jangan paksakan diri anda. Temukan potensi dan bakat diri anda, lakukan riset secara mendetail untuk menemukan bisnis online yang sesuai dan tepat  sehingga anda tidak akan menyesal dan merasa bosan dengan bisnis onine tersebut. Kalau bisa, berinovasilah!

Menemukan ide bisnis juga anda bisa lakukan dengan mengunjungi beberapa forum online atau mencari  informasinya di google. Saran saya, cukup pilih satu jenis bisnis online, agar anda bisa fokus dan konsisten. Apakah itu blog, toko online, translator dan sebagainya.

Baiklah, setelah anda menemukan bisnis online yang sesuai dengan minat dan bakat anda, selanjutnya adalah

 

3. Tulis rencana bisnis online

Tulislah rencana bisnis online anda.
Tulislah rencana bisnis online anda.

Saatnya memulai bisnis online.

Setelah menentukan bisnis online yang sesuai dengan minat dan keahlian anda, tahap selanjutnya adalah menulis rencana bisnis online anda.

Bagaimana caranya?

Saya beri gambaran. Ketika anda memilih “blogging” sebagai bisnis online anda, maka tulislah semua rencana tentang “blog” anda, bagaimana ke depannya. Mulai dari platformnya, konten/ artikelnya, tema/ templatenya dan sebagainya. Hal ini juga berlaku pada bisnis online lainnya. Saya sarankan jangan terlalu lama menulis rencana karena rencana tersebut bisa berubah kapan saja ketika diperlukan.

 

4. Cobalah untuk banyak belajar dan praktik

Perbanyak ACTIONnya.
Perbanyak ACTIONnya.

Jangan banyak bicara, cobalah untuk banyak beraksi dan praktik!

Tahap ini dan selanjutnya berkaitan dengan pengembangan bisnis online anda. Hanya bayangan dan sekilas soal pengembangan bisnis online. Tidak ada salahnya kalau saya menambahkannya kan?

Baiklah, kalau mau sukses berbisnis, anda tentu harus mempunyai dasar yang baik. Dalam bisnis online, anda bisa langsung belajar sambil praktik tanpa harus khawatir kehilangan biaya.

Ada banyak website yang bisa diakses dengan gratis untuk mempelajari dasar bisnis online, silahkan cari di Search Engine Google. Saya sarankan anda fokus pada satu saja.

Kemudian, bagaimana kalau saya mencari orang yang ahli dalam bisnis online?

Saya rasa itu lebih baik, anda bisa lebih leluasa dalam mempelajari dasar  bisnis online.

Harus anda ketahui, praktik adalah kunci utama dalam segala hal. Apapun yang anda lakukan tidak ada artinya tanpa praktik, jadi perbanyak dan percepat praktiknya!

Setelah membuat rencana, jangan menunggu lama, segeralah praktikkan dan ACTION!

Ingat itu! praktik adalah kunci utamanya!

 

5. Fokus, fokus dan fokus

Konsistensi itu penting, kenapa?

Dengan konsistensi, bisnis online anda bisa cepat berkembang. Tetapi ada sesuatu yang lebih penting, apa itu?

Fokus, saya ulangin fokus.

Apa itu fokus?

FOCUS : FOLLOW ONE COURSE UNTIL SUCCESSFUL. Artinya, ikuti satu arah hingga sukses. Kurang lebih itu.

Fokus itu dapat membuat bisnis online anda jauh lebih cepat berkembang. Kalau anda fokus, berarti anda sudah  konsisten,  benar? itulah efek dari fokus.

Apa lagi?

Selain persiapan, fokus ternyata juga merupakan kunci kesuksesan. Banyak pemula yang gagal berbisnis online karena kurang bahkan tidak fokus.

Saya beri gambaran lagi, ketika anda mendengar jumlah penghasilan yang besar  dari teman anda yang menggeluti bisnis toko online, anda tiba- tiba langsung ingin merubah haluan ingin belajar bisnis toko onine. Apakah ini salah? Tentu saja, tidak, hanya saja kurang tepat.

Akhirnya, bisnis online yang anda geluti tidak berkembang sedikitpun karena tidak fokus. Ya, itu hanya perumpaan.  Saya harap anda tidak seperti pada gambaran tersebut.

Saya tegaskan sekali lagi, fokus itu sangat penting, bahkan harus anda lakukan saat berbisnis, bisnis apapun itu.

Jadi ketika anda menemukan bisnis online yang sesuai dan tepat untuk anda, fokuslah dalam mempelajari bisnis online anda tersebut. Jangan mudah tergoda dengan bisnis online lain yang tidak sesuai dengan bakat dan minat anda.

Kuncinya, konsisten, fokus dan jangan lupa untuk bersabar.

 

6. Berani dan jangan menyerah

Sama halnya dengan fokus, keberanian juga harus anda miliki dalam mengembangkan bisnis online. Jangan takut untuk membiayai bisnis online anda. Anda pasti akan memperoleh pelajaran dan pengalaman yang sangat berharga ketika anda berani.

Yah, bagaimana kalau saya gagal?

Tidak ada kata “gagal” untuk anda yang ingin belajar dan berani.  Jadi cobalah untuk berani mengeluarkan biaya saat hal itu sangat diperlukan.

[bctt tweet=”Tidak peduli berapa kali anda terjatuh. Intinya, bangulah kembali setelah anda terjatuh” username=”Wahyu”]

Di samping itu, jangan mudah menyerah dan putus asa. Sikap mudah menyerah hanya dimiliki oleh seorang pengecut, pesimis yang takut untuk bermimpi. Beranilah bersaing dan mengambil resiko.

 

7. Bangun reputasi

Hal yang berharga menurut orang cina adalah kepercayaan.
Hal yang paling berharga menurut orang cina adalah kepercayaan.

Memulai bisnis online di saat  sudah ada banyak persaingan tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Bagaimana solusinya agar anda bisa lebih bersaing dengan mereka yang sudah professional?

Bangunlah reputasi!

Faktanya, membangun reputasi bukanlah hal yang mudah, butuh waktu.  Dengan reputasi, bisnis anda bisa lebih professional, terpercaya bahkan bisa menjadi dasar bagi orang lain yang ingin belajar dari anda.

Jangan pernah mengecewakan orang lain, bangun dan jagalah integritas anda, sehingga reputasi anda akan bangun dengan sendirinya.

Baca: 7 tips efektif membangun reputasi bisnis anda

Demikian panduan sukses memulai bisnis online. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Saya harap panduan tersebut dapat langsung dipraktikkan.

Kesimpulannya, persiapkan diri anda sebaik mungkin, pilih bisnis online yang sesuai dengan minat dan keahlian anda. Salam sukses buat anda dan jangan lupa komentarnya yah!

3 thoughts on “Inilah 7 Cara Sukses Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan”

  1. gan saya membaca hampir semua blog tentang bisnis online, cuma dari blog agan ini kayanya aku suka dan mau mencoba praktek

Leave a Reply