6 Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah

Pembaca yang budiman, ada dua keyword yang serupa, tapi sebenarnya berbeda. Apa itu?

“Cara membuat blog yang menghasikan uang” dan “Cara menghasilkan uang dari blog”.

Saya akan jelaskan. “Membuat blog yang mengcarahasilkan uang” itu merujuk pada proses pembuatan blog yang berpotensi besar menghasilkan uang. Mulai dari mulai membuat blog, menentukan niche, mengembangkan blog hingga siap untuk menghasilkan uang (monetisasi).

Kalau “Menghasilkan uang dari blog” berarti cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan uang dari blog anda. Apakah dengan memasang iklan, jual produk dan lain sebagainya.

Saya sarankan anda untuk membaca cara membuat blog yang menghasilkan uang terlebih daahulu, kemudian dilanjutkan dengan membaca cara menghasilkan uang dari blog. Nah, artikel yang sedang baca ini adalah panduan cara membuat blog yang berpotensi menghasilkan uang.

Untuk membuat blog yang dapat menghasilkan uang, maka caranya hanya satu. Apa itu? Buatlah blog yang unik bin berkualitas.

Kalau blog biasa sih, mana bisa menghasilkan uang. Mungkin bisa, tapi sangat sedikit. Saya beritahukan anda:

Membuat blog itu sangat gampang, anda bisa membuatnya dalam waktu kurang dari satu menit.

Tapi membuat blog yang berkulitas dan sukses itu tidak gampang, anda harus konsisten dan fokus.

Baiklah, saya ulangi sekali lagi, cara membuat blog yang dapat menghasilkan uang adalah dengan membuat blog yang berisi konten- konten yang unik, bermanfaat dan berkualitas.

Banyak orang berhenti blogging karena bosan.
Banyak orang berhenti blogging karena bosan.

Faktanya, banyak blogger yang berhenti dalam beberapa waktu. Kenapa?

Itu karena mereka membuat blog campuran alias gado- gado, kontennya tidak berkualitas, pengunjungnya juga sepi dan akhirnya mereka bosan dan memilih untuk berhenti blogging.

Kalau itu masalahnya anda tenang saja, santai. Setelah membaca artikel ini, langsung praktikkan. Saya yakin, jika anda benar- benar melakukan semua poin/ tahapannya, anda bisa sukses dan akhirnya bisa menghasilkan uang.

A. Sebelum membuat blog:

Anda harus melakukan riset keyword terhadap domain dan judul blog anda dengan volume pencarian lebih dari 3000 perbulan… Baca panduannya di sini!!

 

Baiklah, berikut 6 cara membuat membuat blog yang sukses dan berkualitas:

1. Persiapan

Sebelum masuk ke topik pembahasan, langkah yang paling pertama ialah persiapan. Saya ingatkan, persiapan itu adalah salah satu kesuksesan dalam hal apapun. Untuk mengetahui cara membuat persiapan, silahkan baca artikel yang satu ini.

 

2. Menetukan topik utama blog anda (niche)

Banyak blogger yang menyepelekan masalah topik utama blog, ternyata?
Banyak blogger yang menyepelekan masalah topik utama blog.

Anda ingin menjadi blogger yang sukses kan? Ingin pengunjung terus berdatangan ke blog anda? Ya, semua blogger menginginkan hal itu, saya dan anda sekalipun. Untuk itu, anda harus mulai dari menentukan topik utama blog (niche) anda.

Padahal hanya topik. Ya, banyak yang menyepelekan hal ini. Faktanya, menentukan topik utama blog itu sangatlah penting sebelum membangun blog. Berdasarkan data dari Quora, ada sekitar 2,73 juta postingan baru blog dalam sehari dari seluruh dunia. Namun hanya beberapa dari blog tersebut yang mendapat banyak pengunjung. Alasannya karena:

a. Topiknya berantakan, tidak menarik dan sepi pengunjung

b. Topik blognya tidak dikuasai atau diminati sehingga akhirnya bosan

Begitu pentingnya topik blog sehingga bisa memengaruhi bagaimana blog anda ke depannya. Topik yang berkualitas akan menghasilkan konten yang berkualitas pula sehingga berpotensi mendatangkan banyak pengunjung. Jadi itu kuncinya.

Pertanyaannya, bagaimana cara memilih topik utama blog?

Tentukan topik utama blog anda berdasarkan minat, bakat dan keahlian yang anda dapatkan dari langkah persiapan. Dengan memilih topik yang anda kuasai, anda akan:

  • Mudah dalam mengembangkan blog
  • Mendatangkan banyak pengunjung
  • Konsisten dan fokus
  • Kabar gembiranya, berpotensi menghasilkan uang.

Menarik bukan? Inti dari tahap kedua ini, tentukanlah topik utama blog anda berdasarkan minat dan keahlian anda. Dengan topik yang anda kuasai, maka anda bisa dengan mudah mengembangkan blog anda. Saya sarankan anda untuk fokus pada satu topik utama blog (niche) ketimbang blog campuran alias gado- gado. Kenapa? Silahkan baca yang satu ini.

Sedikit tambahan, niche blog jauh lebih berpotensi menghasilkan uang dari pada blog campuran. Jadi buatlah niche blog sesuai keahlian anda.

Karena artikel ini berkaitan dengan cara menghasilkan uang, maka pertanyaan adalah:

Topik mana yang bisa menghasilkan uang?

Banyak yang bilang bahwa hanya topik- topik tertentulah yang bisa menghasilkan uang. Saya katakan ini salah besar. Semua topik bisa menghasilkan blog, hanya potensi dan besar penghasilannya yang berbeda- beda.

Saya ulangi semua blog bisa menghasilkan uang, topik apapun itu. Asalkan konten yang disediakan itu berkualitas. Saran saya, jangan membuat blog yang berkaitan dengan masalah hukum dan download jika anda ingin blogging dalam jangka panjang.

 

3. Pilih platform blog yang tepat untuk anda

WordPress dan Blogspot adalah platform yang populer di Indonesia.
WordPress dan Blogspot adalah platform yang populer di Indonesia.

Setelah anda menetukan topik blog anda, saatnya kita masuk ke tahap proses pembuatan blog. Nah, sebelum membuat blog, anda harus mempertimbangkan dan memilih platform blog yang anda inginkan. Sebenarnya ada banyak platform blog, namun hanya ada beberapa yang paling populer. Ini dia:

a. Blogspot/ Blogger : Gratis dan hosted

b. WordPress.com : Gratis dan hosted

c. WordPress.org : Berbayar dan Self- hosted

Nah, kalau masalah gratis dan berbayar saya yakin anda sudah mengerti. Namun ada 2 istilah baru, hosted dan self- hosted.

Penjelasannya: Hosted itu anda menyewa platform di situs tersebut. Dengan kata lain, penyedia platform adalah pemlik sebenarnya dan domain anda jadinya www.apaajadeh.wordpress.com atau www.terserahanda.blogspot.com.

Kalau self- hosted, kebalikannya. Situs tersebut murni milik anda. Namun anda akan dikenakan biaya untuk membayar domain dan hostingnya.

Apa itu hosting dan domain? Silahkan baca yang satu ini.

WordPress.org adalah platform dengan pemakaian terbanyak di dunia.
WordPress.org adalah platform dengan pemakaian terbanyak di dunia.

Sedikit informasi, rata- rata master blogger itu menggunakana WordPress.org sebagai platform blog mereka.

Terus, bagusan yang mana? Hosted (Blogspot dan WordPress.com) atau self- hosted (WordPress.org)? Menurut yang saya baca dari Blog Mas Darmawan (PanduanIM), anda bisa memilih platform yang hosted jika anda:

1. Ingin yang gratis

2. Rela website dihapus sewaktu- waktu (jika melanggar)

3. Rela tidak tampil maksimal

4. Rela dengan pengaturan yang rumit (kode html)

5. Rela dengan fitur yang terbatas

6. Rela domain websitenya punya ekor seperti: namaanda.blogspot.com

Namun, ada baiknya jika anda memilih yang self- hosted (WordPress.org) jika anda:

1. Punya modal sekitar Rp. 400.000 per tahun untuk sewa hosting dan domain

2. Ingin memaksimalkan tampilan dan fitur untuk blogging

3. Punya kuasa untuk merubah tampilan sesuka anda

4. Ingin tampil lebih profesional

5. Ingin membuat blog yang terlihat kredibel

Yah, itu hanya sekilasnya saja. Masih banyak perbandingan lain dari platform hosted dan self- hosted. Silahkan klik di sini untuk lebih lengkapnya.

Selain itu, WordPress.org lebih fleksibel sehingga sering digunakan untuk hal dan fungsi selain sebagai blog. Misalnya, toko online, forum dan sebagainya.

Saya pribadi sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan platform WordPress.org. Kenapa? Ya, tentunya WordPress.org mempunyai fitur yang lebih lengkap dalam memaksimalkan blog anda.

Akan tetapi jika anda ingin menggunakan platform yang gratisan untuk belajar seperti Blogspot.com atau WordPress.com, saya rasa itu bukan masalah. Blogspot.com dan WordPress.com pun sebenarnya juga merupakan platform populer di Indonesia dan tentunya bisa menghasilkan.

Baiklah, silahkan tentukan platform anda dan baca artikel di bawah ini untuk mengetahui lebih detailnya.

a. 6 cara membuat blog yang menarik dengan WordPress.org

b. Cara membuat blog gratis di WordPress.com

c. Cara membuat blog gratis dengan Blogspot.com

Semua platform di atas bisa anda gunakan untuk monetisasi blog (menghasilkan uang dari blog). Namun yang paling profesional menurut para blogger profesional adalah WordPress.org.

 

4. Mengembangkan blog anda

Perjalanan membangun blog yang berkualitas sebenarnya baru dimulai. Hal yang terpenting untuk membuat blog yang berkualitas adalah dengan mengembangkan blog.

Nah, bagaimana cara mengembangkan blog?

Jawabannya adalah dengan membuat konten- konten yang berkualitas.

Bagaimana ciri- ciri konten yang berkualitas?

a. Bermanfaat bagi pembaca

b. Langsung bisa dipraktikkan

c. Menyediakan solusi permasalahan

d. Lengkap, singkat, padat dan bukan plagiat

e. Dari sumber yang terpercaya

f. Memiliki aset (gambar, video, ebook, data dan sebagainya)

Kurang lebih itu.

Bahkan anda sendiripun akan lebih memilih untuk membaca konten yang berkualitas ketimbang tidak. Bukan cuma anda, semua orang pun demikian.

Selain itu, memperbaiki penataan dan tampilan blog juga merupakan tahap untuk mengembangkan blog. Mulai dari tema, widget, menu navigasi dan seterusnya. Jangan salah, yang terpenting adalah kontennya. Banyak yang mengatakan:

Konten adalah raja

Menurut saya tidak demikian, hanya konten- konten yang berkualitaslah yang pantas untuk menjadi raja.

[bctt tweet=”Konten berkualitaslah yang pantas menjadi raja” username=”wahyu”]

Nah, jika anda ingin belajar untuk membuat konten yang berkualitas, bermanfaat dan mendatangkan banyak pengunjung, silahkan baca cara membuat konten yang berkulitas.

Tetapi jika anda tidak punya waktu menulis, maka anda bisa menyewa penulis artikel atau membeli artikel. Saya sarankan, lebih baik anda sendiri yang menulis artikel/ konten blog agar kualitasnya lebih terjamin dan hemat biaya.

Konsistenlah untuk menambah dan mengupdate konten anda. Tips dari bloggers terkenal adalah “konsistensi”, itu intinya. Hingga pada akhirnya kepercayaan pembaca kepada anda akan tercipta dan terbangun dengan sendirinya.

 

5. Mempromosikan konten blog untuk meningkatkan pengunjung

Apakah anda ingin pengunjung (visitor) blog anda meningkat pesat? Tentu saja, dengan pengunjung yang banyak berdatangan ke blog anda, blog anda berpotensi untuk menghasilkan banyak uang. Jangan salah, ada 2 jenis pengunjung:

a. Pengunjung biasa yang hanya sekedar mampir karena mencari informasi

b. Pengunjung setia yang menjadi pembaca setia dan berlangganan di blog anda (loyal visitor)

Jenis pengunjung yang kedualah yang paling penting, mereka yang menjadi pembaca setia di blog anda. Untuk itu, anda harus menjaring pengunjung yang berdatangan ke blog anda untuk dijadikan pembaca setia. Caranya?

Baca: Cara meningkatkan pengunjung blog

Baiklah, yang terpenting dalam poin ke-5 ini adalah teknik mempromosikan blog anda.

Banyak cara untuk mempromosikan blog anda. Diantaranya,  lewat sosial media, blogwalking, forum online, guset blogging, grup tertentu dan sebagainya. Kesemuanya itu bisa anda lakukan dengan gratis.

Oops, jangan asal promosi! Bisa- bisa orang lain tidak suka karena anda meng- spam mereka dengan konten yang tidak relevan/ tidak mereka butuhkan.

Olehnya itu, Silahkan baca artikel yang satu ini untuk mengetahui cara yang tepat untuk mempromosikan blog anda.

 

6. Waktu tepat untuk menghasilkan uang dari blog

Jangan terburu- buru untuk memperoleh penghasilan.
Jangan terburu- buru untuk memperoleh penghasilan.

Salah satu kesalahan yang biasa dilakukan oleh blogger pemula adalah ingin cepat- cepat mendapatkan penghasilan. Faktanya, blogging bukanlah cara mudah untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk itu, anda harus melihat visitor blog anda. Jangan harap untuk menghasilkan uang bila anda belum mempunyai visitor 100 keatas. Apabila anda sudah punya banyak visitor, kepercayaan kepada anda sudah terbangun, tampilan blog anda sudah di atas standar, maka itulah saat yang tepat untuk menghasilkan uang.

Banyak cara menghasilkan uang dari blog. Mulai dari jaringan pengiklanan, affiliate marketing sampai menjual produk sendiri. Anda bisa membaca cara menghasilkan uang dari blog di sini.

Hmm, sampai sini anda sudah mengetahui sekilas mengenai:

1. Langkah persiapan

2. Menentukan topik yang tepat

3. Memilih platform yang sesuai

4. Mengembangkan blog

5. Mempromosikan blog

6. Dan yang terpenting adalah waktu tepat untuk menghasilkan uang dari blog

Demikian artikel saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua, terutama bagi diri saya sendiri. Terima kasih dan salam sukses selalu buat anda, jangan lupa komentarnya yah!

9 thoughts on “6 Cara Membuat Blog yang Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah”

    1. Betul mas, tapi untuk meramaikan pengunjung, blog harus punya konten yang berkualitas terlebih dahulu, itulah yang dibahas di sini. Terima kasih…

  1. Cuma seo nya harus sabar agar bisa mendapatkan banyak organic visitor.

    Semoga saja saya bisa menghasilkan uang yang banyak dengan modal akses internet.

    Good content!

    1. Tentu saja,, Kualitas konten lah yang paling diutamakan…. Adasih konten yang gak berkualitas alias copas, tapi sayng nya umurnya juga gak lama, beresiko kena suspend..

Leave a Reply