6 Cara Membuat Blog yang Menarik Dengan WordPress.org

Sebelum masuk ke cara membuat blog yang menarik dengan WordPress.org, saya akan bercerita terlebih dahulu. Baiklah, saya pernah membaca buku yang berjudul “Permainan Berpikir” yang salah satu isinya membahas tentang hubungan harga dengan kualitas barang. Hasil penelitian ternyata mengatakan bahwa harga itu berpengaruh pada kualitas barang.

Gambarannya begini, ada dua orang yang sedang lelah karena telah mengerjakan sesuatu. Keduanya pun memutuskan untuk membeli minuman. Si A membeli minuman seharga Rp.5.000 dan si B yang membeli minuman yang sama seharga Rp. 10.000. Nah, ternyata stamina si B lebih cepat pulih dari pada si A. Yah, itu menurut penelitian, saya hanya memberikan gambarannya saja. Beda harga, beda kualitas.

Sama denga WordPress.org yang mempunyai banyak kelebihan tersendiri dibandingkan platform blog lainnya, salah satunya adalah lebih fleksibel. Itulah alasan mengapa banyak orang khususnya master blogger yang lebih memilih paltform ini. Tentunya anda harus mengorek kantong.

WordPress.org adalah platform dengan pemakaian terbanyak di dunia.
WordPress.org banyak dipakai oleh master blogger di dunia.

Namun, jika anda tidak mempunyai biaya, tidak masalah. Anda masih bisa memakai platform Blogspot.com/ WordPress.com yang gratis dengan tampilan yang lumayan menarik.

Baiklah, saya tidak ingin membuang- buang waktu emas anda. Berikut 6 cara membuat blog yang menarik dengan WordPress.org:

1. Menentukan layanan hosting dan domain yang akan anda gunakan

Bagi anda yang belum tahu apa itu hosting dan domain, saya akan jelaskan sedikit.

Sederhananya hosting itu adalah media penyimpanan data/file website di internet, seperti hardisk. Sedang domain adalah nama/alamat dari website, contohnya www.blogcarauntuk.org. Penjelasannya jauh lebih kompleks, tapi jangan diambil pusing. Kalau anda ingin tahu lebih jauh, silahkan kunjungi ini.

Tentunya hosting dan domain ini berbayar (sewa), biasanya perbulan atau pertahun. Tidak ada yang sekali seumur hidup.

Nah, karena kali ini saya akan memandu anda untuk membuat blog yang berbahasa Indonesia (inggrisnya menyusul), maka saya merekomendasikan anda untuk menyewa hosting dan domain di Niagahoster. Kenapa di Niagahoster?

Penyedia layanan hosting dan domain yang satu ini punya banyak keunggulan dibandingkan dengan penyedia hosting lainnya di Indonesia. Di antaranya gratis domain ketika menyewa hosting, murah, mudah dan masih banyak lagi. Jika anda berminat, silahkan mendaftar di Niagahoster dan gunakan kupon a-diskon-niagahoster untuk harga yang lebih murah.

Itu tadi sekilas mengenai Niagahoster, penyedia layanan hosting dan domain termurah di Indonesia. Masih banyak penyedian layanan hosting dan domain lainnya, silahkan cari di Google untuk lebih lengkapnya.

 

2. Menentukan nama domain anda

Domain blog.
Domain blog.

Saya sudah memberikan penjelasan singkat mengenai domain. Nah, setelah anda menentukan penyedia layanan hosting dan domain sesuai keinginan anda, selanjutnya adalah menentukan nama domain blog anda.

Baiklah, sebenarnya domain ini bisa anda ganti kapan saja. Hanya saja itu tidak baik jika sering dilakukan. Untuk itu, anda harus memikirkan nama domain blog anda dengan matang.

Sebelum membuat blog, anda harus melakukan riset keyword terhadap domain dan nama blog anda dengan volume pencarian di atas 3000 perbulannya. Panduannya baca di sini!!

Beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menentukan nama domain blog:

a. Sesuai dengan niche blog anda

b. Mudah diingat

c. Usahakan gunakan .com, mumpung di Niagahoster domainnya gratis

d. Tidak mengandung SARA

e. Hindari penambahan karakter yang tidak penting pada domain seperti tanda koma(,), minus (-) dsb.

Nah, sebenarnya ada eksistensi lain selain .com, seperti blog saya ini .org, .net, .id dan sebagainya. Tapi saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan .com karena yang satu ini lebih populer daripada yang lain.

 

3. Instalasi WordPress.org

Dalam tahap kali ini, saya akan menuntun anda untuk menginstal WordPress.org menggunakan Niagahoster:

3.a. Sewa layanan hosting dan domain di Niagahoster

Saya rasa menyewa layanan di Niagahoster sangatlah mudah sehingga tidak perlu untuk menambahkan gambar atau video tutorial cara menyewa layanan di Niagahoster. Jangan lupa untuk memakai kupon a-diskon-niagahoster
agar anda mendapatkan potongan harga. Saya sarankan anda untuk menyewa paket personal.

Hosting Unlimited Indonesia

 

3.b. Instal WordPress.org melalui cPanel Niagahoster

a. Setelah anda mengonfirmasi pembayaran, maka akun anda akan segera diaktifkan.  Silahkan tunggu email pemberitahuan aktivasi akun anda.

Email pemberitahuan dari Niagahoster.
Email pemberitahuan dari Niagahoster.

b. Bila email aktivasi akun sudah masuk, silahkan login ke cPanel dengan menggunakan link, username dan password akun hosting anda. Tampilan seperti ini:

Tampilan Cpanel.
Tampilan cPanel.

c. Saatnya untuk menginstal WordPress.org melalui cPanel anda. Mudah, tinggal scroll ke bawah dan cari logo WordPress.org kemudian klik.

Klik logo WordPress.org.
Klik logo WordPress.org.

d. Silahkan klik “install now” dan isi data pengaturan WordPress.org anda seperti pada gambar di bawah ini. Terakhir klik “install”. Nah, tinggal menunggu proses instalasi WordPress hingga selesai.

Isi data pengaturan instalasi seperti di atas. Sumber: DarmawanPIM
Isi data pengaturan instalasi seperti di atas. Sumber: DarmawanPIM

e. Setelah berhasil, silahkan login ke domain admin WordPress.org anda. Misalkan domain uang anda gunakan ketika instalasi adalah domainmu.com, maka loginnya domainmu.com/wp-admin/. Terkahir,tinggal masukkan username dan password WordPress.org yang anda gunakan ketika instalasi di cPanel untuk memasuki dasbor WordPress.

 

4. Mulai memperlajari dan memahami dasar- dasar WordPress.org

Saya sarankan anda cobalah untuk mempelajari fitur- fitur WordPress anda sedikit demi sedikit, tidak perlu terburu- buru. Anda bisa mulai dari menulis postingan pertama anda, mengganti tema, instal plugin dan sebagainya.

Namun jika anda membutuhkan panduan, silahkan baca di sini.

 

5. Tambahan untuk blog

Saya sengaja membuat tambahan yang penting untuk blog anda agar terlihat lebih keren dan menarik. Apa saja itu?

a. Widget- widget yang penting

Berlangganan artikel

Anda bisa membuat widget berlangganan artikel dengan plugin MailMunch. Terlebih dahulu anda harus mendaftar di MailChimp. Tenang saja, plugin ini gratis dan caranya mudah kok.

Mailmunch menyediakan tampilan subscribtion yang beragam.
Mailmunch menyediakan tampilan subscription yang beragam.

Saya sendiri menggunakan plugin ini dalam 3 tampilan, yakni Popup, scrool box dan sidebar. Untuk melihat orang yang berlangganan, anda harus menghubungkan plugin ini dengan akun MailChimp anda.

Popular, comments dan latest artikel

Anda bisa menggunakan tab yang berisi 3 widget sekaligus (popular, comment dan latest) yang sama dengan blog saya. Namun jika anda tidak ingin menggabung ketiganya, tidak masalah.

3 widget digabung dalam satu tab.
3 widget digabung dalam satu tab.

Untuk menggabung 3 widget seperti di blog saya, silahkan gunakan plugin Popular Posts Tabbed Widget for Jetpack.

Artikel terkait

Widget ini menampilkan artikel- artikel yang terkait dengan postingan yang sedang dibaca. Seperti di blog saya, artikel terkait saya tempatkan tepat di bawah postingan agar bisa langsung dibaca oleh pengunjung. Artikel terkait ini tidak lain adalah backlink internal yang sangat penting untuk blog. Untuk ini, saya menggunakan plugin WordPress Related Posts.

Button share

Ini adalah widget yang menghubungkan blog anda dengan jejaring sosial.

(1). Artikel terkait (2). Button share
(1). Artikel terkait (2). Button share

Untuk mengaktifkan button share, anda bisa langsung di pengaturan berbagi atau menggunakan plugin.

Widget fanspage FB

Widget yang satu ini tidak kalah pentingnya. Dengan banyaknya likers pada fanspage blog anda, anda bisa melakukan marketing dan promosi lewat fanspage tersebut. Silahkan aktifkan widget ini pada pengaturan  tampilan widget blog anda.

Anda bisa mengaktifkan widget fanspage di pengaturan tampilan widget.
Anda bisa mengaktifkan widget fanspage di pengaturan tampilan widget.

Arsip dan kategori

Sama dengan widget sebelumnya, anda juga bisa mengaktifkannya di pengaturan tampilan widget.

Sebenarnya masih banyak widget penting lainnya. Tapi di sini saya hanya menulis widget yang paling penting dan banyak digunakan oleh blogger profesional.

b. Tools dan layanan untuk blog

Fungsi tools dan layanan untuk blog anda sangat banyak. Mulai dari untuk mencari kata kunci populer, mengetahui statistik blog, menentukan judul topik blog yang menarik dan masih banyak lagi. Saya merekomendasikan anda untuk menggunakan:

  • Google keyword planner : untuk mencari keyword terbaik untuk artikel anda (research keyword)
  • Google console : untuk mempercepat pengindeksan artikel anda di Google
  • BuzzSumo : mengetahui konten apa yang disukai pembaca berdasarkan sosial sharenya
  • Quora : situs tanya jawab terbesar di dunia
  • Evernote : tempat menulis artikel yang berkualitas
  • Google analystic : untuk menganalisa blog anda
  • Pixabay : tempat mengambil gambar untuk konten
  • MailChimp : tempat untuk menindak lanjuti pelanggan blog anda
  • Apester : layanan yang digunakan oleh blog- blog terkaya di dunia dan punya banyak fungsi
  • Keywordtool.io : untuk research kata kunci (keyword) dipadukan dengan Google keyword planner

c. Plugin terbaik

  • Aksimet : untuk mencegah spam
  • Jetpack : plugin yang mempunyai banyak fungsi
  • Updraftplus : untuk backup data blog
  • W3 total cache : meningkatkan kecepatan blog
  • Addthis : untuk sharing artikel
  • Contact Form 7 : membuat berbagai jenis form
  • Yoast Seo : mengoptimalkan blog pada mesin pencari
  • LinkWithin : untuk menampilkan artikel terkait
  • MailMunch : form untuk berlangganan (subsription)

Untuk semua plugin di atas, anda bisa langsung mencari dan menginstalnya melalui blog WordPress anda pada bagian “add new plugin” atau “tambah plugin baru”.

 

6. Tips blogger profesional

Nah, dari banyak artikel yang saya baca, inti dari tips para pakar blogger adalah konsistensi. Di samping itu, konten dan promosi juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Ingat! Konsistensi adalah yang paling utama.

[bctt tweet=”Konsistensi membuat anda lebih rajin dan semangat untuk terus mengisi blog dengan konten yang berkualitas.” username=”wahyu”]

Kesimpulannya, untuk membuat blog dengan platform WordPress.org anda harus menyewa hosting dan domain. Kemudian dilanjutkan dengan menginstal WordPress.org di cPanel anda. Yang terakhir, tinggal login untuk masuk ke dasbor WordPress.org anda dan mulailah berkreasi.

Demikian artikel saya, kurang lebihnya mohon dimaafkan. Karena manusia adalah tempatnya kesalahan. Semoga artikel kali ini memberi faedah kapada pembaca yang budiman terutama kepada diri saya sendiri. Terima kasih dan salam sukses selalu buat anda, jangan lupa komentarnya yah!

4 thoughts on “6 Cara Membuat Blog yang Menarik Dengan WordPress.org”

  1. Bermanfaat banget gan artikelnya. Aku lagi mau coba wordpress hosting di niagahoster ne. Semoga wordpress hostingnya sebagus shared hostingnya

Leave a Reply