6 Cara Membangun Bisnis Online Berbasis Blog Untuk Pemula

Membangun bisnis online untuk pemula dengan menggunakan blog bukan lagi hal yang asing. Ya, bagi orang yang berpengalaman dan profesional. Namun, bagi orang yang masih pemula, ini tentu menjadi suatu persoalan yang harus dihadapi. Untuk itu, saya sengaja menulis artikel ini untuk anda yang masih pemula dan ingin mencoba berbisnis online dengan menggunakan blog.

Saya beri tahu sedikit, membuat blog itu bukan hal yang sulit, bahkan bisa dikerjakan dalam beberapa menit. Hanya saja, untuk membuat blog yang berkualitas dan mendatangkan banyak pengunjung, tentunya tidak membutuhkan waktu yang sedikit, bahkan sampai berbulan- bulan bahkan tahun.

Sudah banyak orang yang kaya karena bisnis online, bahkan anda sekalipun bisa kaya. Asalkan anda ingin konsisten dan fokus.

Kebalikannya, banyak juga orang yang menyerah berbisnis online. Kenapa?

Jawabannya singkat, karena mereka bosan dengan bisnis online mereka sendiri. Kenapa bisa bosan? Timbul pertanyaan lagi.

Karena bisnis online yang mereka jalani tidak sesuai dengan minat, bakat dan keahlian mereka. Nah itu. Olehnya itu, saya katakan sekali lagi, artikel ini khusus untuk bisnis online blog, dimana anda akan dituntun untuk membuat blog, mendatangkan pengunjung hingga meluncurkankan produk untuk di jual.

Baca: 6 cara membuat blog yang menghasilkan uang

Baiklah, berikut 6 cara membangun bisnis online berbasis blog untuk pemula:

 

1. Persiapan

Persiapan adalah kunci sukses.
Persiapan adalah salah satu kunci sukses.

Dimana- mana ini yang akan menjadi poin utama dalam blog saya. Ya, terdengar begitu sederhna namun memiliki arti dan makna yang besar, itulah persiapan. Menurut General Collin Power:

Tak ada rahasia untuk menggapai sukses. Sukses itu dapat terjadi karena persiapan, kerja keras dan mau belajar dari kegagalan.

Dalam hal ini, bagaimana cara membuat persiapan untuk bisnis? Silahkan baca cara membuat persiapan untuk bisnis online.

Setelah membaca artikel di atas silahkan lanjutkan kembali.

 

2. Tentukan jenis bisnis online berdasarkan minat dan keahlian anda

Pada tahap pertama tadi, anda dituntun untuk menemukan minat dan bakat anda. Dari bakat tersebut, anda akan menentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Saya sedikit mengambil dari PanduanIM. Baiklah, terus terang, tahapan ini sangatlah mudah. Kalau anda mau, saya bisa menjelaskan kepada anda dalam kurang dari 60 detik. Pilihan yang paling umum ada 2:

a. Produk

b. Layanan

Pilih salah satu dari kemampuan anda untuk memulai, tergantung anda. Hampir semua kemampuan yang anda tulis tadi bisa diubah menjadi bentuk bisnis dengan cara menjual 2 pilihan tadi. Contohnya, kemampuan “Matematika”:

a. Produk:

1. Ebook panduan belajar matematika

2. Ebook tentang trik mengerjakan soal matematika

3. Buku memenangkan olimpiade matematika

4. Video panduan trik mudah kerja matematika

5. Aplikasi problem solving soal matematika

b. Layanan:

1. Membuat blog berisi panduan-panduan belajar matematika

2. Membuat kursus online (maupun offline) matematika

Dari 1 kemampuan saja anda sudah punya 7 model usaha.

Karena semuanya merupakan keahlian dan minat anda, jadi mestinya anda tidak akan kesulitan untuk memulai. Asalkan mau sedikit berusaha dan ACTON.  Bukan hanya itu, model bisnis ini juga bisa dijadikan pondasi bagi anda sendiri untuk membangun bisnis-bisnis yang lainnya.

[bctt tweet=”Yakinlah anda juga mempunyai kelebihan tersendiri. Jadi jangan samakan diri anda dengan orang lain. Syukurilah karunia yang diberkan Tuhan kepadamu.” username=”Wahyu”]

 

3. Membuat website / blog

Sebelum membuat blog, anda harus melakukan riset keyword pada domain dan judul blog anda dengan volume pencarian lebih dari 3000 perbulan. Cara riset keyword silahkan baca di sini!!!

Buat anda yang belum tahu, blog itu website yang berbasis konten. Seperti yang sedang anda baca sekarang ini. Apa alasannya memilih blog untuk membangun bisnis online bagi pemula?

Pertama, karena membuat blog itu mudah. Blog juga tidak memakan biaya tinggi. Bisa dimulai secara gratis dan kalau anda ingin terlihat sedikit lebih profesional hanya memakan biaya kurang dari Rp 30.000 perbulan. Kalau anda ingin yang gratis, saya sarankan anda untuk menggunakan platform Blogspot.com dan WordPress.com.

Tapi bukan itu yang penting. Blog merupakan suatu wadah yang bisa membuat anda dikenal oleh orang banyak. Blog bisa membuat anda dianggap sebagai ahli oleh orang lain. Dengan demikian, anda bisa menjual produk dan layanan apapun kepada para pembaca setia anda. Pada dasarnya, blog itu memang bukan bisnis. Tapi blog bisa dijadikan pondasi untuk membangun bisnis apapun yang anda inginkan.

Menurut yang pernah saya baca, ini tahapannya kalau anda bingung mulai darimana:

1. Mulai membuat blog

2. Membuat konten-konten yang unik dan bermanfaat

3. Mendapatkan banyak pembaca yang loyal

4. Membangun reputasi dan kepercayaan

5. Luncurkan produk dan layanan

Hasilnya akan jadi jauh lebih efektif dibandingkan kalau anda menjual produk sekarang tanpa memiliki reputasi apapun. Karena mereka percaya dengan reputasi anda. Inilah kekuatan dari reputasi anda.

Tapi ada 1 masalah. Biasanya orang yang buta dengan teknologi akan merasa ini sulit. Padahal tidak, membuat blog di jaman sekarang sama seperti menulis di Microsoft Word atau mesin ketik sekalipun.

Baca: 6 cara membuat blog yang menghasilkan uang

 

4. Mengembangkan blog yang sudah dibuat

Kembangkan blog anda untuk memperoleh hasil maksimal.
Kembangkan blog anda untuk memperoleh hasil maksimal.

Baiklah, setelah anda membuat blog, maka selanjutnya adalah mengembangkan blog anda. Perlu anda pahami bahwasanya internet bukan barang ajaib yang bisa menciptakan uang sambil tiduran. Setelah membuat blog, anda tidak akan langsung mendapatkan uang. Anda harus berusaha mengembangkan blog tersebut, supaya banyak pengunjung yang datang. Sama seperti bisnis pada umumnya.

Caranya, lakukan 2 hal ini:

a. Buat konten-konten yang unik dan bermanfaat bagi orang lain

b. Promosikan konten tersebut kepada orang yang membutuhkan

c. Jangan pernah menipu orang lain. Ini dapat merusak reputasi anda.

Faktanya, Ini tidak sulit, kecuali jika anda memang benar-benar tidak bergerak.

 

5. Menjual produk dan layanan

Setelah anda membuat  dan mengembangkan blog, dan orang-orang berdatangan ke blog anda, maka anda bisa mulai menjual produk atau jasa lewat blog tersebut. Ya, seperti toko online.  Iniah  salah satu yang membedakan bisnis online dan offline. Bisa dibilang kelebihan bisnis online.

Kalau di bisnis offline, anda membuat toko, warung, dan sejenisnya duluan. Setelah jadi, barulah anda melakukan pemasaran supaya orang-orang datang.

Bisnis online, sebaliknya.

Anda mendatangkan orang-orang (pengunjung) terlebih dahulu, setelah itu baru anda menjual produk/layanan kepada mereka. Inilah mengapa saya bilang memulai bisnis online lebih mudah. Karena untuk membuat toko/ blog, anda bisa melakukannya dengan tidak biaya yang sedikit, bahkan gratis.

Baca: 9 cara ampuh menghasilkan uang jutaan rupiah dari blog

 

6. Fokus, konsisten dan teruslah belajar

Setelah semuanya fix, bukan berarti anda sudah bebas dan tunggu hasil. Tetaplah berusaha dan konsisten mengisi blog anda dengan artikel yang bermanfaat.  Dengan 3 dari 5 langkah di atas ini, anda sudah lebih unggul daripada 95% lainnya yang ingin berbisnis online.

Sebelum saya akhiri, saya akan memberitahukan 3 prinsip bisnis online:

a. Jangan terjebak dengan cara mendapatkan uang dari internet yang tidak benar

b. Internet bukan barang ajaib yang bisa mencetak uang sambil tiduran, anda tentu harus berusaha

c. Bangunlah bisnis yang nyata, bisnis yang bisa menunjang hidup anda

Demikian artikel saya, intinya adalah ACTION. Saya yakin, anda akan menghasilkan uang dari internet bilmana anda bersungguh- sungguh dan berusaha keras. Terima kasih dan salam, jangan lupa komentarnya yah!

6 thoughts on “6 Cara Membangun Bisnis Online Berbasis Blog Untuk Pemula”

    1. Iyya mas, persiapan itu adalah langkah yang sangat penting dalam berbisnis…

  1. Satu lagi buat semua social media juga sangat membantu dalam membangun bisnis online karena di negara kita banyak sekali yang menggunakan social media

Leave a Reply